Berhenti Membohongi Diri Sendiri Dengan 3 Langkah Bijak Ini

Berikut ini 3 langkah bijak cara berhenti membohongi diri sendiri

FENOMAGZ – Tanpa sadar, setiap orang pasti pernah membohongi diri sendiri. Padahal, sama seperti membohongi orang lain, berbohong pada diri Anda sendiri itu tidak akan berujung baik. Kebiasaan bohong pada diri sendiri bisa menghambat berbagai aspek kehidupan Anda. Mulai dari membangun hubungan yang baik dengan teman-teman dan keluarga, menjalin asmara, hingga dalam berkarier.

Baca juga:  Tanda-Tanda Libido Rendah Pada Pria

Berikut ini 3 langkah bijak cara berhenti membohongi diri sendiri:

Kenali diri Anda sendiri

Untuk menghentikan diri Anda dari hal berbohong terus menerus, Anda harus belajar untuk lebih mengenal diri Anda sendiri. Caranya macam-macam dan berbeda pada setiap orang. Ada orang yang bisa mengenal dirinya sendiri karena rajin menulis buku harian, mengobrol dengan orang-orang terdekat, atau dengan mencoba berbagai hal baru dalam hidup.

Dalam situasi seperti apa Anda paling sering berbohong pada diri sendiri?

Setelah mengenali diri Anda lebih dalam, selanjutnya Anda bisa memikirkan hal-hal apa yang membuat Anda berbohong. Resapi juga apa yang Anda rasakan saat Anda membohongi diri sendiri.

Hal ini bisa membantu Anda mencegah munculnya kebohongan-kebohongan dalam diri ketika Anda mulai merasa terancam atau ketakutan. Jadi sebelum Anda berbohong pada diri sendiri, Anda sudah bisa membedakan mana yang kebohongan belaka dan mana yang merupakan kenyataan.

Yang paling penting berani jujur

Langkah terakhir ini adalah yang paling susah tapi sangat efektif. Supaya bisa jujur pada diri sendiri, Anda bisa minta diingatkan oleh sahabat atau orang terdekat Anda ketika Anda mulai membohongi diri Anda sendiri.

Selain itu, agar bisa jujur, Anda harus sudah menyiapkan persenjataan yang lengkap untuk memperjuangkan apa yang sebenarnya Anda inginkan. Misalnya Anda mengincar posisi sebagai pimpinan proyek. Kalau Anda tidak mempersiapkan diri secara matang, tentu Anda akan kalah saing dengan rekan kerja yang lain. (fmz/bb)

Comments
Loading...