advertisement

Berikut Ini Mengapa Anda Selalu Bangun Pagi, Meski Tidur Larut Malam Tanpa Memasang Alarm?

berikut ini alasan mengapa Anda selalu bangun pagi hari

judi

FENOMAGZ – Ada dua tipe orang didunia ini. mereka yang bisa santai bangun siang, dan mereka yang tetap bangun pagi buta meski sudah sengaja tidur larut malam karena tahu hari ini hari libur. Apa Anda termasuk tipe orang kedua yang kapan pun dan bagaimanapun kondisinya, tubuh tidak mau bekerja sama sehingga Anda tetap selalu bagun pagi?

Ritme sirkadian mengatur setiap aspek kehidupan kita dari dalam, terutama mengatur kapan waktunya Anda pergi dan bangun tidur mengikuti pola perubahan kebiasaan, aktivitas fisik, mental, perilaku, bahkan hingga kondisi cahaya lingkungan Anda dalam siklus 24 jam. Jam biologis tubuh ini juga membantu mengatur produksi hormon, suhu tubuh, dan berbagai fungsi tubuh lainnya.

Baca juga: 3 Hal Yang Harus Langsung Dilakukan Pasangan Anda Setelah Berhubungan Seks

Tidur adalah cara bagi jam sirkadian tubuh untuk mengatur ulang dirinya secara otomatis. Suasana redup dan cuaca dingin dimalam hari akan memicu otak untuk melepas hormon pemicu ngantuk yaitu melatonin dan adenosin untuk menandakan bahwa saat ini waktunya Anda tidur. Kedua hormon ini akan terus diproduksi sepanjang malam untuk menjaga Anda tetap terlelap.

Ritme sirkadian bekerja menanggapi perbuhan cahaya terang dan gelap. Itulah kenapa begitu menjelang pagi, produksi hormon ngantuk ini akan mulai direm dan perlahan digantikan dengan hormon adrenalin dan kortisol. Adrenalin dan kortisol adalah hormon stres yang membantu Anda agar fokus dan waspada begitu bangun pagi. Hormon pemicu ngantuk adenosin dan melatonin biasanya mulai berhenti diproduksi sekitar pukul 6-8 pagi.

Disisi lain, ada banyak hal yang dapat mengubah kerja ritme sirkadian. Salah satunya yang paling umum adalah bertambahnya usia. Menurut para ahli, susahnya tidur adalah salah satu gejala penuaan yang normal dan umum terjadi.

Kemampuan tubuh untuk tidur lebih lama akan berkurang secara alami seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, meski Anda sudah sengaja tidur larut malam, Anda tetap bisa bangun pagi. Lansia diatas 65 tahun terutama rentan sekali mengalami hal ini. malah mungkin, mereka sudah mengantuk di jam yang lebih awal tapi tetap saja terbangun saat subuh atau pagi-pagi sekali. (fmz/bb)

Comments
Loading...