Berjerawat Parah? Lawan Dengan 5 Makanan Ini

Berikut ini 5 cara melawan jerawat

FENOMAGZ – Jerawat ternyata bukan hanya masalah yang dihadapi oleh remaja. Banyak orang dewasa yang telah melalui masa pubertas masih mengalami hal yang sama.

Tahukah Anda bahwa selain karena kebersihan tubuh, jerawat mampu disebabkan karena makanan yang Anda konsumsi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak, berlemak, atau mengandung banyak zat aditif mampu memicu jerawat atau memperparah jerawat.

Baca juga: Mengapa Logo Apotek Adalah Mangkuk Dan Ular?

Berikut ini 5 cara melawan jerawat:

Biji-bijian

Salah satu penyebab utama jerawat adalah sistem pencernaan yang buruk. Makanan yang berlemak dan mengandung gula berlebih akan sulit untuk dicerna sehingga mampu menyebabkan pori-pori tersebut penyebab jerawat. Oleh karena itu konsumsilah biji-bijian seperti gandum atau serealia ketiak Anda ingin mengonsumsi makanan manis atau roti.

Buah dan sayur

Kedua kelompok makanan ini sangat baik untuk memerangi jerawat. Sebab buah dan sayur mengandung banyak zat antioksidan yang mampu membersihkan kulit dan melindungi kulit dari berbagai macam racun penyebab jerawat. Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa buah-buahan yang berwarna ungu atau merah tua akan semakin baik untuk melawan jerawat sebab tingginya kandungan antioksidan di dalamnya.

Selenium

Selenium adalah salah satu zat antioksidan yang sangat kuat untuk melindungi sel kulit dari jerawat. Selenium dapat Anda temukan di dalam bawang putih, bawang merah, dan biji-bijian.

Asam lemak omega 3

Selain selenium, salah satu zat alami yang baik untuk melawan jerawat adalah asam lemak omega 3. Asam ini akan membantu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Beberapa makanan yang tinggi akan asam lemak omega 3 adalah tiram, salmon, unggas, dan makanan laut lainnya.

Air putih

Terakhir, untuk mengurangi jerawat jangan lupa perbanyak konsumsi air putih. Air putih berfungsi sebagai agen detoksifikasi untuk menghilangkan kotoran, racun, dan zat kimia lainnya di dalam tubuh Anda. Air juga akan menghidrasi kulit. (fmz/bb)

Comments
Loading...