Bermain Video Games Bisa Mengurangi Rasa Sakit

berikut in penjelasan mengapa bermain games bisa mengurangi rasa sakit

Judi

judi

FENOMAGZ – Bermain video games adalah aktivitas yang dapat mengalihkan perhatian kita dari lingkungan sekitar bahkan terkadang sampai melupakan waktu. Namun tahukah Anda, bahwa bermain aktivitas tersebut juga dapat mengurangi rasa sakit. Hal ini berdasarkan penelitian dalam beberapa tahun terakhir yang menjelaskan bahwa seseorang akan memiliki toleransi yang lebih baik terhadap rasa sakit saat bermain video games.

Baca juga: 4 Selebrita Yang Memilih Jalani Operasi Kecilkan Payudara

Video games memiliki realita virtual berupa gambar atau video yang yang dapat mengintervensi kerja otak dalam merespon stimulus rasa sakit pada tubuh. Bermain video games juga cenderung membuat kita jauh lebih tenang saat menahan rasa sakit dan membuat aliran darah dapat mengalir lebih baik sehingga kita cenderung merasakan intensitas rasa sakit yang lebih rendah. Secara tidak langsung, hal ini mengubah bagaimana otak merespon rasa nyeri.

Salah satu ahli dalam bidang ini, jeffrey I. Gold, Ph.D mengatakan bahwa realita virtual mempengaruhi otak dari dalam, sehingga efek penghilang rasa sakit bukan hanya dihasilkan dari pengalihan perhatian terhadap rasa nyeri namun juga berdampak terhadap bagaimana otak merespon rasa nyeri.

Saat bermain video games kemungkinan beberapa bagian otak merespon stimulus tersebut dengan lebih diantaranya bagian depan otak (anterior cingulate cortex) dan hipotalamus. Kedua bagian otak tersebut berperan sebagai pengatur perhatian, distraksi dan emosi, sehingga memungkinkan penurunan rasa kekhawatiran penderita saat menahan rasa nyeri.

Hal serupa juga sudah di uji cobakan dalam penelitian dengan menggunakan rasa nyeri yang disebabkan suhu dingin (2C). hasilnya individu yang bermain video games memiliki toleransi rasa nyeri yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan individu yang tidak mendapatkan kesempatan bermain video game saat menahan rasa nyeri. Penelitian juga menunjukkan bahwa distraksi dapat bersifat pasif seperti dengan hanya menonton TV namun tidak sebaik saat bermain video games. (fmz/bb)

Comments
Loading...