advertisement

Bolehkah Minum Bir Setelah Olahraga? Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Anda!

berikut ini mengapa minum bir setelah olahraga tidak dianjurkan

judi

FENOMAGZ – Bir mengandung alkohol dalam konsentrasi yang cukup tinggi. Alkohol yang terkandung di dalamnya bisa memicu dehidrasi. Ini karena alkohol bersifat diuertik, alias mendorong ginjal untuk mengeluarkan urine dari dalam tubuh.

Padahal, saat berolahraga Anda sudah kehilangan banyak cairan lewat keringat. Jadi setelah olahraga Anda seharusnya justru menambah asupan cairan, bukannya minum bir yang akan membuat Anda kehilangan lebih banyak cairan lantaran sering buang air kecil.

Baca juga: Sering Merasa Lapar Setelah Berhubungan Seks? Ini Penyebabnya

Selain memicu dehidrasi, minum bir setelah olahraga juga bisa membuat upaya Anda turun berat badan sia-sia. Begini, untuk menurunkan berat badan Anda perlu mengurangi kalori dalm tubuh. Salah satunya lewat olahraga. Masalahnya, satu gelas besar (pint) bir saja mengandung 180 kalori. Jadi, kalau Anda minum bir setelah olahraga, kalori dalam tubuh Anda akan bertambah lagi.

Anda yang sedang ingin membentuk otot juga sebaiknya menahan diri, jangan minum bir setelah olahraga. Ini karena alkohol (terutama dalam jumlah banyak) bisa menghambat proses sintesis protein. Dalam sebuah penelitian yang dimuat pada jurnal PloS ONE, diketahui bahwa minum bir setelah olahraga bisa menurunkan sintesis protein secara cukup signifikan, yaitu hingga 37 persen.

Sintesis protein terjadi saat tubuh menggunakan protein untuk memperbaiki dan memperkuat jaringan-jaringan otot. Terganggunya proses tersebut berarti otot-otot Anda tidak bisa memulihkan diri dan akhirnya tak akan bertambah kuat.

Karena itu, sebaiknya hindari minuman beralkohol setelah Anda beraktivitas fisik. Minuman terbaik setelah olahraga adalah air putih. Selain air putih, Anda juga bisa mengganti eletrolit atau gula yang hilang saat berolahraga dengan minum air kelapa atau minuman isotonik. (fmz/bb)

Comments
Loading...