Fenomagz
Unleash the Wild Side

Cara Sehat Minum Kopi Tidak Lebih Dari 2 Cangkir Sehari

0

 

FENOMAGZ – Minum kopi sudah menjadi tradisi dan gaya hidup di Indonesia ketika kumpul bersama teman-teman atau keluarga, tidak lengkap rasanya jika tidak ditemani secangkir kopi.

Meski lekat dengan tradisi dan gaya hidup, muncul juga pandangan lain mengenai kopi. Misalnya, kontroversial kopi dan minuman berkafein lainnya dianggap dapat membahayakan kesehatan, termasuk pada jantung. Banyak orang yang mengira minum kopi bisa membuat jantung berdebar-debar.

Tidak sedikit orang memperbaiki hal tersebut, sehingga membuatnya benar-benar menghindari konsumsi. Apalagi jika keluarga mereka memiliki riwayat penyakit jantung, sudah pasti akan meninggalkan kopi jauh-jauh sebagai minuman karena anggapan yang kurang tepat tersebut. Padahal dokter menyangkal hal itu, bahkan ternyata hanya menjadi mitos yang berkembang.

Tidak secara umum kopi berbahaya bagi kesehatan, terutama fungsi kerja jantung. Kopi sangat aman diminum dengan batasan tidak lebih dari dua cangkir sehari saja loh. Dengan takaran tersebut, minum kopi tidak akan menimbulkan efek yang berrati terhadap jantung.

Kopi bila diminum dalam jumlah yang masuk akal, yaitu satu sampai dua cangkir per hari tidak berefek pada tekanan darah dan jantung. Kata spesialis jantung pembuluh darah. Tetapi pembuatan kopi yang dimaksud aman bagi jantung, yaitu tidak terlalu pekat dan dicampur susu berlebihan.

Lalu tidak mencampurkan gula. Jika tidak seperti itu, dampaknya juga membuat anda diabetes dan menderita penyakit jantung lainnya di kemudian hari. Terlepas dari itu, pada beberapa pasien jantung seperti gangguan irama jantung atau aritmia memang tidak disarankan untuk menyeruput kopi dan minuman berkafein lainnya dalam bentuk apapun.

Baca juga:   Terlihat Tua Jika Fenomen Sering Melakukan Hal ini

Hal ini dapat memicu detak jantungnya tidak normal. Memang pada beberapa pasien aritmia tidak disarankan konsumsi kopi. Tapi tidak secara umum kopi itu jelek untuk jantung kok. (fmz/pz)

Comments
Loading...