Cisgender Menggunakan Identitas Sesuai Jenis Kelamin

kata Sarah McBride dari Human Rights Campaign

Fenomagz – Perkembangan zaman membuat dunia saat ini tidak hanya mengenal gender pria dan wanita. Di negara-negara tertentu bahkan telah mengakui keberadaan orang-orang yang menganggap dirinya memiliki gender selain pria dan wanita.

Dengan semakin berkembangnya hal itu, istilah di bidang seksualitas pun juga semakin banyak. Salah satunya adalah cisgender. Apa artinya?

Cisgender atau diucapkan “sis-gender” merupakan istilah yang berarti seseorang yang identitas gendernya sesuai dengan jenis kelamin yang sudah ada pada mereka sejak lahir.

“Hal ini merupakan istilah yang digunakan untuk memastikan bahwa ketika kita bicara dengan orang-orang transgender, kita tidak menggunakan istilah yang dianggap bermasalah seperti ‘normal’ untuk menggambarkan orang-orang cisgender,” kata Sarah McBride dari Human Rights Campaign.

Cisgender samakah dengan ‘straight’?

McBride mengatakan bahwa istilah cisgender atau transgender sendiri tidak sama dengan istilah “straight” atau “gay”. Mereka lebih merujuk pada identitas gender sementara kata “straight” atau “gay” mengacu pada identitas seksual atau yang membuat seseorang tertarik.

“Mereka dua konsep yang berbeda. Mereka merujuk pada dua bagian berbeda dari identitas seseorang,” kata McBride.

Maka dari itu, McBride mengatakan bahwa seorang cisgender bisa saja “straight“, gay, maupun biseksual. Begitu juga apabila seseorang memiliki identitas transgender.

“Baik Anda trans atau cis, Anda bisa saja memiliki berbagai orientasi seksual,” kata McBride menjelaskan.

McBride memberikan suatu ilustrasi yang lain. Apabila Anda seorang cisgender, maka Anda akan segera memberitahu apa jenis kelamin yang Anda miliki. Sementara, mereka yang transgender seringkali mengalami ketidakpercayaan pada jenis kelamin yang dimiliknya.

“Mereka secara konsisten harus membuktikan atau memperdebatkan kemanusiaan atau martabat dasar mereka,” kata McBride.

Comments
Loading...