Dampak Buruk Jika Keseringan Bermain Smartphone

Para periset menemukan, pada setiap harinya seorang remaja lebih sering menggunakan smartphone

 

FENOMAGZ – Penggunaan smartphone dan perangkat digital lainnya dapat berdampak buruk, termasuk remaja, penelitian baru memperingatkan, remaja yang kecanduan main smartphone berisiko mengalami masalah kesehatan mental.

Pada setiap harinya remaja berisiko menggunakan teknologi lebih banyak mereka mengalami lebih banyak masalah perilaku dan gejala (attention deficit/hyperactivity disorder) yang lebih tinggi dibandingkan waktu mereka lebih sedikit menggunakan teknologi.

Para penelitian melihat kaitan antara gejala kesehatan mental remaja dan beberapa waktu yang mereka habiskan setiap hari untuk mengirim sms, menggunakan media social dan internet. Untuk penelitian ini, 152 remaja muda menyelesaikan survey tentang penggunaan smartphone dan teknologi digital sehari-hari mereka. Mereka disurvei 3 kali sehari sebulan, dan dinilai untuk kesehatan mental 18 bulan kemudian.

Remaja yang berpartisipasi berusia antara 11-15 tahun. Remaja menghabiskan rata-rata 2,3 jam sehari dengan menggunakan teknologi digital. Para periset menemukan, pada setiap harinya seorang remaja lebih sering menggunakan smartphone, mereka cenderung mengalami masalah, seperti berbohong, berkelahi dan maslah perilaku lainnya.

Selain pada hari-hari ketika remaja lebih sering menggunakan perangkat digital, mereka mengalami kesulitan untuk memperhatikan dan menunjukkan gejala ADHD. Studi tersebut juga menemukan, remaja muda yang menghabiskan lebih banyak waktu online, mengalami peningkatan dalam masalah perilaku dan pengaturan diri 18 bulan kemudian.

Penelitian ini juga mmenemukan, penggunaan teknologi dikaitkan dengan beberapa hasil positif. Pada setiap harinya ketika remaja menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan teknologi digital, mereka cenderung tidak melaporkan gejala depresi dan kecemasan. (fmz/pz)

Comments
Loading...