Hal yang Menyebabkan Seseorang Jadi kecanduan

berikut ini fakta yang menyebabkan seseorang jadi kecanduan

FENOMAGZ – Setiap orang bisa mempunyai kecanduan akan sesuatu hal. Entah itu kecanduan bekerja, kecanduan alkohol, rokok, judi, hingga kecanduan narkoba. Macam-macam kecanduan ini tentu sudah sering Anda dengar.

Baca juga: 6 Tanda Bahwa Anda Hanya Menginginkan Seks Semata

Namun, tahukah Anda terdapat orang-orang di luar sana yang bisa kecanduan olahraga atau bahkan kecanduan operasi plastik? Apa lagi jenis-jenis kecanduan aneh di dunia ini, dan apa sebenarnya yang menyebabkan seseorang kecanduan? Simak fakta menarik berikut ini:

Kecanduan berbeda dengan rutinitas atau kebiasaan yang dilakukan berulang kali. Ketika Anda terbiasa melakukan sesuatu, misalnya mandi dua kali sehari, Anda bisa menghentikannya kapan saja sesuai dengan situasi dan kondisi saat itu karena mengikuti keinginan pribadi baik secara sadar maupun tidak rasa malas, kedinganan, terjebak kesibukan lain, dan seterusnya.

Berbanding terbalik dengan kecanduan. Kecanduan biasanya dipicu oleh suatu hal yang terjadi dalam waktu lama dan berkelanjutan.kecanduan disebabkan oleh gangguan fungsi otak yang meningkatkan produksi hormon dopamin di luar batas wajar.

Dopamin adalah hormon pembuat bahagia yang dilepaskan otak dalam jumlah banyak saat Anda menemukan atau mengalami suatu hal yang membuat Anda puas, entah itu makanan enak, seks, baju baru, hingga obat-obatan zat yang menimbulkan efek ketergantungan seperti alkohol dan rokok.

Di dalam otak, objek pemicu candu (misalnya, menang judi) menghambat kerja hipotalamus, bagian otak yang bertanggung jawab mengatur emosi dan suasana hati si pemilik tubuh. Sensasi membahagiakan dari menang banyak uang ini bersifat memabukkan sehingga membuat Anda merasa sangat bahagia, bersemangat, percaya diri, hingga ‘teler’. Ini adalah akibat dari jumlah dopamin yang di lepaskan otak melewati batas toleransi tubuh.

 

Efek membahagiakan ini akan membuat tubuh secara otomatis mengidam, sehingga Anda merasa butuh untuk mengulangi hal tersebut dalam intensitas yang lebih tinggi agar hasrat tersebut bisa terpuaskan. Jika ngidam ini tidak terpenuhi, Anda dapat mengalami gejala sakau. (fmz/bb)

Comments
Loading...