advertisement

Hidung Sulit Mencium Bau? Mungkin Inilah Penyebabnya

berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan hidung Anda tidak dapat mencium aroma

judi

FENOMAGZ – Selain flu atau pilek yang dapat menurunkan sensitivitas indera penciuman Anda, beberapa kondisi berikut bisa menjadi alasan hidung tidak dapat mencium aroma atau bau seperti biasanya.

Anthony Del Signore, MD, Asisten Profesor di Departemen otolaringologi yang juga merupakan Direktur Rhinologi dan Bedah Tengkorak Endoskopi di Gunung Sinai Beth, Israel mengatakan bahwa indera penciuman dapat menurun ketika seseorang memiliki infeksi dan polip dalam hidung.

Baca juga: 5 Kebiasaan Ini Dianggap Baik Tapi Sebanarnya Dapat Merusak Kesehatan

Infeksi yang terjadi pada hidung dapat menyebabkan tumbuhnya jamur bahkan nanah, yang dapat menghalangi saluran hidung dan menyebabkan hilangnya kemampuan indra penciuman.

Salain itu, berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan hidung Anda tidak dapat mencium aroma dengan normal:

Gangguan neurologis

Saraf yang tidak aktif atau bermasalah dapat menyebabkan hidung kembali kehilangan kemampuan untuk mencium aroma. Del Signore mengatakan, kondisi ini biasanya terjadi pada mereka yang mengalami kejang, epilepsi, stroke dan bahkan mereka yang menderita Alzheimer. Masalah neurologis ini hanya dapat terdeteksi melalui MRI atau CT scan.

Efek samping dari obat-obatan

Efek samping yang terjadi akibat obat-obatan tertentu, terutama dari obat semprotan hidung, dapat menyebabkan indera penciuman Anda berubah.

Trauma

Cedera kepala atau pascaoperasi sinusitis terkadang memberikan efek samping trauma dan membuat hidung terasa sulit memcium aroma atau bau yang ada di sekitar.

Meski hal ini tidak permanen dan berbahaya, tapi trauma juga dapat mempengaruhi sistem saraf hidung yang mengganggu indera penciuman. (fmz/bb)

Comments
Loading...