Fenomagz
Unleash the Wild Side

Indonesia Menggagas Lahirnya Tradisi Baru di ASEAN, Apa Itu?

Indonesia Menggagas Lahirnya Tradisi Baru

0

FENOMAGZ – Menteri luar negeri Indonesia Ratno Marsudi mengungkapkan bahwa ASEAN memiliki tradisi baru, takni membahas posisi soal isu-isu terkini dalam format informal.

“saya sudah sampaikan bahwa kita akan melakukan pertemuan konsultasi informal di antara para menteri Luar Negeri ASEAN dan ini adalah inisiatif indonesia,”ujar Retno, merujuk pada makan malam 4 agustus 2017 di Sofitel Manila, sebelum ASEAN Foreign Minister’Meeting (AMM) ke 50 di buka.

Baca juga: Fakta Mengapa Pria Menyukai Wanita Berbokong Besar

Menurutnya tradisi konsolidasi dalam format informal yang di inisiasi oleh indonesia hal tersebut mulai di lakukan sejak pertemuan di ASEAN-China Foreign Minister’Meeting di Kunming, China, lalu AMM di Vientiane, Laos, dan di Manila, Filipina.

Mantan Duta Besar RI untuk Belanda itu mengungkapkan alasan indonesia berinisiatif melakukan tradisi tersebut.

“Agar sebelum melakukan pertemuan dengan para mitra, kita bertemu dulu dalam setting informal, tapi kita membahas posisi yang sangat subtansial dalam kaitan untuk menemukansatu posisi ASEAN mengenai satu isu tertentu atau mengenai current issues” ujar retno saat briefing.

Ia mengaku bahwa dalam makan malam 4 agustus itu, diskusi antar menteri luar negeri negara ASEAN berlangsung sangat terbuka, bermanfaat, dan nyaman. Salah satu isu yang di bahas dalam pertemuan informal itu adalah soal situasi di semenanjung Korea.

Menurut perempuan kelahiran Semarang itu, konsolidasi di perlukan karena hal tersebut sangat terkait dengan persatuan dan kesatuan. Hal tersebut membuat indonesia terus mencoba untuk melanjutkan tradisi baru itu. (fmz/bb)

Baca juga:   Rekomendasi Helm Cargloss Sesuai Dengan Gaya Berkendaraan Anda!
Comments
Loading...