Ini Alasan Untuk Ganti Minuman Energi Dengan Sesendok Gula

berikut ini penjelasan mengapa sesendok gula lebih baik dibandingkan minuman energi

FENOMAGZ –  Jika kamu membutuhkan energi yang lebih hari ini, kamu hanya perlu menambahkan sesendok gula ke dalam botol air putih kamu. Trik sederhana ini akan memiliki efek yang sama dengan sebotol minuman berenergi. Setidaknya inilah yang ditemukan oleh para peneliti dari University of Bath.

Baca juga: 7 Bukti Bahwa Merokok Mampu Merusak Kesehatan Otakmu

Para peneliti menerangkan bahwa simpanan karbohidrat dalam hati kita sangat penting ketika kita sedang berolahraga. Ini karena karbohidrat dalam hati membantu kita mempertahankan tingkat gula darah yang stabil. Meskipun banyak orang telah mengetahui tentang perubahan karbohidrat dalam otot dengan berolahraga, tetapi hanya sedikit orang yang memahami cara mengoptimalkan simpanan karbohidrat dalam organ hati selama berolahraga.

Dalam melakukan penelitian, tim peneliti mengamati sekitar 14 pengendara sepeda jarak jauh yang menyelesaikan dua sesi latihan yang berbeda dengan durasi latihan selama tiga jam untuk setiap sesi. Dalam satu sesi latihan, para pengendara sepeda tersebut mengonsumsi minuman yang mengandung sukrosa.

Sedangkan untuk sesi latihan kedua mereka mengonsumsi minuman yang mengandung glukosa. Sebagai tambahan, empat pengendara melakukan sesi latihan tambahan di mana mereka hanya mengonsumsi air selama latihan. Selain itu, para peneliti juga mengukur tingkat glikogen hati dan otot mereka sebelum dan sesudah latihan.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa pengendara yang mengonsumsi sukrosa dan glikogen mencegah penurunan glikogen pada organ hati mereka dengan menyimpan karbohidrat ekstra. Kondisi ini membantu pengendara sepeda menghindari depleting glikogen yang tersimpan di hati. Ini sangat bermanfaat untuk pengoptimalan energi dan mencegah dari kelelahan.

Tetapi, peneliti juga menemukan bahwa minuman dengan glukosa mengakibatkan ketidaknyamanan pada usus.Minuman sukrosa terbukti lebih efektif dan tanpa efek samping. Para peneliti mengatakan bahwa minuman sukrosa bermanfaat bagi ketahanan energi para atlet seperti pengendara sepeda dan pelari maraton.

Sukrosa dan glukosa adalah gula sederhana. Hanya saja, sukrosa (gula yang sehari-hari kita gunakan) terdiri dari satu glukosa dan satu molekul fruktosa yang saling berhubungan satu sama lain. Glukosa adalah sumber energi yang disukai tubuh karena beredar di seluruh darah dan memberikan energi. Sedangkan fruktosa adalah jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. (fmz/bb)

Comments
Loading...