advertisement

Ini Dia 6 Hal Tak Terduga Penyebab Vagina Pasangan Anda Kering

Berikut ini 6 hal penyebab vagina pasangan Anda kering

judi

FENOMAGZ – Vagina adalah organ tubuh wanita yang harus selalu lembap. Jika kering, maka kekeringan vagina ini dapat menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan ketika berhubungan seks.

Baca juga: Ini Dia Kelainan Seks Yang Dapat Membuat Orang Terangsang Ketika Melihat Urine

Berikut ini 6 hal penyebab vagina pasangan Anda kering:

Menopause

Tingkat hormon estrogen yang tinggi di dalam tubuh wanita membantu untuk mempertahankan pelumasan di vagina. Namun tingkat hormon ini menurun ketika wanita terkena menopause. Akibatnya vagina pun menjadi kering dan hal ini disebut dengan atrofi vagina.

Masalah kesehatan

Masalah kesehatan wanita lainnya yang bisa menyebabkan kekeringan vagina adalah melahirkan, menyusui, dan pengangkatan ovarium.

Kanker

Radiasi atau kemoterapi yang dialami oleh pasien kanker mampu menyebabkan kekeringan di vagina.

Gangguan autoimun

Penyakit autoimun juga dapat menyebabkan kekeringan di vagina. Sebab penyakit ini menyerang sel-sel yang berfungsi untuk menjaga kelembapan vagina.

Obat

Beberapa obat anti depresan dan obat alergi dapat menyebabkan kekeringan di vagina. Konsumsi obat endometriosis pun yang menurunkan estrogen juga dapat membuat vagina kering.

Stres

Wanita sebaiknya tidak menganggap ramah stres. Sebab setiap bentuk stres akan berdampak pada kesehatan hormon estrogen yang menyebabkan vagina kering.

Vagina kering bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada wanita. Oleh karena itu jika Anda mengalaminya, segera berkonsultasilah pada dokter untuk mengobatinya. (fmz/bb)

Comments
Loading...