Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini dia Penyebabnya Anda Sering Merasa Lelah

Cepat merasa lelah setiap hari adalah gejala umum yang dapat dialami oleh siapa saja. Penyebab tubuh terasa lelah tanpa sebab yang jelas

0

 

FENOMAGZ – Belakangan ini anda merasakan tubuh cepat lelah, sebaiknya harus diwaspadai dari sekarang. Berikut ini sederet penyebab masalah itu bisa terjadi.

Cepat merasa lelah setiap hari adalah gejala umum yang dapat dialami oleh siapa saja. Penyebab tubuh terasa lelah tanpa sebab yang jelas, dapat disadari karena kebiasaan atau gangguan kesehatan yang tidak disadari.

Dehidrasi

Dehidrasi merupakan suatu yang wajar terjadi ketika kita kekurangan minum setelah kehilangan cairan dalam proses metabolisme dan reaksi biokimia tubuh. Salah satu kondisi kesehatan yang dapat membuat anda dehidrasi adalah diabetes. Kadar gula darah yang tinggi akan menarik cairan dari jaringan tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi. Ini dapat terjadi meski orang dengan diabetes selalu merasa haus dan minum yang banyak karena mereka juga akan sering pipis. Kedua hal ini adalah beberapa gejala diabetes yang khas.

Kurang beraktivitas fisik

Gaya hidup sedentari alias malas gerak merupakan salah satu penyebab dari gangguan mood, ketidak seimbangan hormon, resistensi insulin dan gangguan waktu tidur yang juga dapat berdampak pada penurunan metabolisme dan energi tubuh. Menjadi lebih aktif merupakan salah satu cara mengatasi rasa lelah, hal  tersebut dapat dilakukan dengan cara lebih sedikit menghabiskan waktu yang duduk, lebih banyak berjalan atau memulai rutinitas aktivitas fisik sebelum dan sesudah bekerja.

Kekurangan waktu tidur

Rerata kecukupan waktu tidur pada orang dewasa adalah 7-9 jam waktu tidur malam. Kurang tidur hanya 4-6 jam dapat menjadi penyebab cepat lelah dalam hitungan hari jika terjadi secara terus menerus.

Baca juga:   Tips Resep Panjang Umur Pria

Tidur pada waktu yang tidak tepat

Perubahan waktu dan pola tidur dapat menjadi penyebab tubuh menjadi terasa lelah dan tidak bertenaga. Hal ini umum dialami oleh seseorang yang mengalami kekurangan waktu tidur atau memiliki kerja shift sehingga memperbaiki pola tidur tersebut adalah dengan segera mencoba terlelap pada malam hari dan menghindari paparan cahaya biru saat berusaha untuk tidur. (fmz/pz)

Comments
Loading...