Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini Efek Lupa yang Sering Anda Rasakan

Kondisi ini berkaitan dengan perhatian berlebihan atau berkurang pada otak. Rutinitas kita sehari-hari umumnya sama dan sudah terorganisir

0

 

FENOMAGZ – Pernahkah anda lupa di mana meletakkan suatu barang padahal belum lama memegangnya? Atau anda lupa mau berbicara apa ke orang yang baru anda panggil dan mau melakukan apa di suatu ruangan?

Jika pernah, berarti anda mengalami brain farts atau kentut otak. Kondisi ini sebenarnya normal terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin sehingga anda tidak perlu merasa was-was.

Brain farts adalah suatu kondisi di mana kita tidak mampu mengingat informasi untuk sementara. Itulah sebabnya mengapa anda tidak bisa langsung mengingat apa yang ingin anda katakan atau letak barang yang anda simpan walaupun sudah berusaha keras. Baru setelah menunggu sebentar, anda mengingatnya kembali.

Kondisi ini berkaitan dengan perhatian berlebihan atau berkurang pada otak. Rutinitas kita sehari-hari umumnya sama dan sudah terorganisir. Tidak jarang juga kita melakukan pekerjaan multitasking. Rangkaian kegiatan itu telah disimpan oleh otak. Jadi ketika kita melakukan aktivitas yang tidak biasa, otak akan mengalami kerlip.

Kerlip otak terjadi karena otak kurang memperhatikan tindakan yang jarang dilakukan. Hal itu dikarenakan otak lebih memperhatikan kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan. Pada individu yang lebih imajinatif, kurang memperhatikan lingkungan sekitar, dan lebih asyik pada dirinya sendiri, kerlip otak lebih sering terjadi.

Lupa sesaat berkaitan dengan proses pengambilan memori. Ada beberapa faktor yang memengaruhinya yaitu usia, penuaan, kurang tidur, kecemasan, dan alkohol.

Baca juga:   Posisi Seks ini Sangat Berbahaya dan Dapat Menyakitkan Mr. P

Untuk mengatasi kekurangan fungsi otak sehari-hari, braun menyarankan untuk merenungkan terlebih dahulu kegiatan yang ingin anda lakukan secara detail agar tidak lupa. Lalu saat anda menaruh barang atau lupa mau melakukan apa di suatu ruangan, anda bisa mencoba untuk memperbesar memori.

Cara yang bisa anda lakukan adalah mengaitkan kemungkinan-kemungkinan yang mungkin saja anda lakukan di tempat itu, apabila anda lupa menaruh barang di mana, anda bisa rekonstruksi kejadian. Semua cara itu bisa menolong anda untuk mengingat kembali. (fmz/pz)

Comments
Loading...