advertisement

Ini Penyebabnya Duduk Lebih dari 6 jam

judi

Lantas bagaimana jika otot dan tulang tersebut justru lebih banyak dianggurkan alias menganggur dengan hanya duduk selama berjam-jam

 

FENOMAGZ – Setiap orang memiliki lebih dari 600 otot dan sekitar 206 tulang yang tersusun dalam tubuh manusia. Fungsi mereka untuk apa? Tentu saja untuk membantu seseorang bergerak dengan bebas, melakukan aktivitas yang bermanfaat dan menyehatkan. Lantas bagaimana jika otot dan tulang tersebut justru lebih banyak dianggurkan alias menganggur dengan hanya duduk selama berjam-jam.

Berikut penjelasan secara detail, bahwa ini yang akan terjadi pada tubuh jika duduk lebih dari 6 jam perhari :

Memicu resiko diabetes

Ketika anda duduk terlalu lama dengan durasi 6 jam tanpa berdiri, maka hal tersebut akan memaksa pancreas untuk membuat banyak insulin. Tentu saja dalam jangka panjang hal ini akan memicu resiko diabetes. Bahkan cukup tinggi kemungkinannya. Oleh karena itu, sebaiknya berika tubuh anda beristirahat dari duduk. Anda bisa berjalan sebentar setiap 2-3 jam sekali.

Menghambat aliran darah ke otak

Ternyata efek dari duduk terlalu lama tidak bisa disepelekan. Yang cukup mengerikan adalah dengan mempengaruhi fungsi otak. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa duduk terlalu lama akan menghambat aliran darah ke otak. Dan hal inilah yang akan mempengaruhi fungsi otak dalam jangka panjang lantaran kurangnya pasokan darah.

Pencernaan jadi terganggu

Mungkin yang satu ini cukup sering dialami, yaitu duduk terlalu lama dapat membuat pencernaan terganggu. Tidak bahkan ini sangat mengganggu, sembelit kembung dan juga mulas akan membuat anda tidak nyaman duduk terlalu lama dalam jangka waktu yang lama.

Berpengaruh pada tulang belakang

Duduk terlalu lama juga akan berpengaruh pada tulang belakang anda. Yang mana otot di sana tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Sehingga pada akhirnya anda akan menderita nyeri punggung dan juga leher. Berhati-hatilah.

Memicu osteoporosis pada tulang

Yang paling banyak ditakutkan oleh banyak orang adalah osteoporosis, tentu saja. Kurangnya gerak, terlalu banyak diam dan duduk dengan kondisi yang stagnan akan memicu osteoporosis pada seseorang. (fmz/pz)

 

Comments
Loading...