Jerawat Bisa Muncul Karena Masturbasi? Benarkah Seperti itu?

Dokter spesialis kulit Tsippora Shainhouse

Fenomagz – Masturbasi maupun berhubungan seks dengan pasangan pada umumnya tidak dapat memicu munculnya jerawat di wajah. Dokter spesialis kulit Tsippora Shainhouse menjelaskan, hormon pada tubuh, khususnya testosteron dan progesteron dapat meningkatkan produksi minyak.

Hormon itu juga dapat meningkatkan respons peradangan. Itulah sebabnya jerawat sering lebih banyak muncul dan makin memburuk di minggu-minggu menjelang menstruasi. Karena saat itulah tubuh Anda memproduksi lebih banyak progesteron dan testosteron.

“Hormon yang tidak seimbang selama masa remaja dan pubertas bisa menimbulkan jerawat,” kata Shainhouse.

Pubertas juga bisa menjadi waktu eksplorasi diri dan mungkin masturbasi. Sehingga ada ‘rasa takut’ muncul, masturbasi mungkin yang menyebabkan munculnya jerawat.

Jerawat disebabkan kombinasi dari produksi minyak berlebih dan hiperkeratinisasi pori-pori (penyumbatan pori-pori dengan keratin atau sel kulit mati).

Kulit kembali normal

Shainhouse menambahkan, untuk sementara ini, masturbasi dan berhubungan seks memang meningkatkan kadar testosteron. Tapi itu hampir tidak cukup berdampak pada kesehatan kulit jangka panjang, terutama jika dikaitkan sebagai penyebab jerawat.

“Karena saat masturbasi (yang mengarah pada orgasme), kulit akan menyusut kembali normal dalam beberapa menit,” tambahnya.

Beberapa penelitian telah menunjukkan, kadar adrenalin meningkat dalam darah selama orgasme. Hal ini berujung membuat kulit justru lebih bercahaya.

 

Comments
Loading...