Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Kegiatan ini yang Membuat Kamu Cepat Gemuk Lho Fenomen

0

Perubahan gaya hidup inilah yang membuat kamu setelah usia 20 tahunan menjadi lebih mudah mengalami kenaikan berat badan

makan sambil menyetirFENOMAGZ – Seiring bertambahnya usia, gaya hidup pun tentunya akan berubah. Jika dulu saat kamu belum menginjakkan kaki di usia 20 tahun, kamu masih aktif dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan studi dan hobi. Kamu lebih cenderung lebih aktif dalam segala aktivitas terutama yang berkaitan dengan penampilan.

Ketika masa itu berlalu, kamu justru malah disibukkan dengan urusan pekerjaan. Perubahan gaya hidup inilah yang membuat kamu setelah usia 20 tahunan menjadi lebih mudah mengalami kenaikan berat badan.

Terkadang, bentuk tubuh yang langsing dan proposional pun tidak begitu dihiraukan. Apalagi dengan berbagai kebiasaan yang mempengaruhi pola makan. Seperti makan di meja kerja kemudian mengetik di depan laptop, hingga begadang karena urusan pekerjaan atau hangout dengan teman-teman.

Berikut kebiasaan-kebiasaan seperti itulah yang membuat berat badanmu semakin bertambah :

Nonton TV Sambil Ngemil
Melakukan kegiatan lain sambil makan bisa membuat seseorang makan secara berlebih, termasuk nonton sambil makan. Saat makan dapat membuat seseorang tidak memperhatikan apa yang dimakannya. Yang cenderung akan membuat dia merasa lapar terus dan bahkan seseorang tidak sadar berapa banyak makanan yang telah dia konsumsi selama duduk di depan TV.

Begadang
Kurang tidur menyebabkan hormon kortisol dalam badan. Hormon ini menyebabkan kamu akan selalu ingin ngemil atau makan. Selain itu hormonnya mengacaukan nafsu makan dan membuat kamu akan selalu ingin makan.

Begadang bisa memperlambat metabolisme dan menyebabkan jumlah hormon ghrelin meningkat. Inilah hormon yang berkaitan dengan nafsu makan. Saat hormon ini tidak bekerja dengan baik maka seseorang akan mempunyai nafsu makan yang lebih besar dari biasanya.

Makan Saat Nyetir
Nggak cuma nonton TV, efek ngemil berlebihan juga bisa terjadi ketika kamu makan sambil melakukan aktivitas lain. Misalnya saat nyetir mobil.

Saat makan sambil nyetir mobil, kamu cenderung gak memperhatikan makanan apa saja yang dimakan dan lebih mementingkan agar perut terasa kenyang, sampai mulut pun terpuaskan hasrat ngemilnya.

Kebiasaan Sering Kumpul di Cafe
Kebiasaan hangout atau berkumpul di café bersama teman-teman juga menjadi salah satu pemicu orang ingin ngemil. Tanpa kamu sadari berat badan pun akan bertambah.

Acara kumpul-kumpul memang nggak lengkap dan nggak seru kalau nggak makan-makan. Tentunya kamu akan memesan makanan serta minuman ringan agar suasana hangout lebih menyenangkan.

Makan di Meja Kerja
Makan siang di meja kerja sering kali dilakukan para pekerja untuk menghemat waktu mereka. Kebiasaan ini mungkin dapat membuat waktu bekerja terasa lebih efisien, tetapi sebenarnya tidak bagi kesehatan.

Ketika makan di meja kerja, akan mengalihkan konsentrasi dari makanan ke pekerjaan. Karena terlalu berkonsentrasi dalam bekerja, hal ini membuat kamu tidak memperhatikan proses makan sehingga memicu asupan berlebih.

Makan Sambil Berjalan
Peneliti mengatakan, mereka yang makan sambil berjalan cenderung memakan lebih banyak. Study yang dilakukan University of Surrey itu menemukan bahwa makan sembari berjalan cenderung lebih memicu untuk makan lebih banyak. Hal ini disebabkan karena ketika berjalan, pikiran jadi teralihkan sehingga terlambat menerima sinyal kenyang. (fmz/pz)

Comments
Loading...