advertisement

Tanpa Disadari, Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Merusak Mata Lho

judi

Kebiasaan sehari-hari Anda ternyata bisa mempengaruhi kesehatan mata

Tanpa Disadari, Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Merusak Mata Lho

FENOMAGZ – Semua orang pasti setuju jika mata adalah organ terpenting dari tubuh karena fungsinya untuk melihat. Siapapun orang pasti tidak mau jika indera penglihatannya tergganggu. Namun tahukah Fenomen bahwa kebiasaan sehari-hari Anda ternyata bisa lho mempengaruhi kesehatan seseorang, termasuk kondisi penglihatan seseorang. Apalagi banyak hal dalam keseharian Anda yang terjadi secara tidak sadar dan berbahaya bagi penglihatan.

Beberapa tahun belakangan, sejumlah studi menemukan bahwa semakin banyak jumlah orang dengan usia muda yang sudah mengalami gangguan penglihatan seperti katarak, glaukoma, miopi, dan lain-lain. Studi tersebut menyebut bahwa screen time atau aktivitas menatap layar merupakan faktor utama yang bisa mengganggu mata atau indera melihat. Namun juga ada faktor lain yang turut andil dalam hal terganggunya penglihatan seseorang, dan faktor tersebut biasanya dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari.

Lalu apa saja hal-hal dalam keseharian yang sering terjadi namun tanpa Anda sadari ternyata bisa mengganggu penglihatan? Berikut ulasannya.

  1. Screen time dengan cara yang tidak tepat

Cahaya biru dari gawai ternyata bisa berhubungan dengan degenerasi makula atau menurunnya fungsi penglihatan. Selain itu, jarang berkedip saat sedang menatap layar juga bisa menimbulkan computer vision syndrome yang bisa membuat mata Anda jadi kering, sakit, dan lelah.

Untuk itu, akan lebih baik jika Anda memberi jarak pandang layar setidaknya 40 cm. Kemudian, perbesar ukuran huruf yang digunakan.

  1. Stres

Hormon stres kortisol disebut-sebut bisa menyebabkan fungsi retina mata terganggu. Kondisi ini dikenal dengan central serous chorio-retinopathy (CSCR) atau penumpukan cairan yang membuat pandangan ‘kabur’.

Untuk itu, kelolalah kondisi stres Anda sebaik mungkin. Anda juga bisa mencoba mendengarkan musik secara live untuk membantu redakan stres. Sebab, sebuah studi di Inggris menemukan bahwa satu jam menonton acara musik live bisa menurunkan kadar kortisol hingga 25 persen.

  1. Membaca dengan jarak terlalu dekat

Fenomen, seemakin dekat Anda menatap sesuatu, maka mata akan semakin sulit bekerja. Bahkan, kondisi tersebut bisa membuat mata menjadi tegang dan bola mata memanjang, yang pada akhirnya memicu terjadinya miopi.

Untuk itu, gunakan aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, pandanglah sesuatu sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter), selama 20 detik. Contohnya, dengan melihat pemandangan luas di luar jendela saja bisa membantu mata lebih rileks.

  1. Trauma

Trauma oleh benda tumpul seperti terbentur bola atau terbentur siku orang lain juga bisa menimbulkan gangguan pada penglihatan. Dampak terburuk ketika terjadi trauma adalah pemisahan retina.

Disarankan, agar Anda menggunakan kacamata pelindung atau hati-hati dengan gerakan Anda saat olahraga. Jika setelah mengalami benturan terdapat bintik-bintik pada pandangan atau seperti ada cahaya, segeralah cek ke dokter mata.

  1. Malas konsumsi sayuran hijau

Malas mengonsumsi sayuran hijau juga akan berdampak pada penglihatan. Ketika Anda malas mengonsumsi sayuran hijau, kandungan zat seperti nitrat dan lutein yang bisa membantu menangkal glaukoma dan degenrasi makula bisa Anda lewatkan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang makan 240 mg atau secangkir sayuran hijau, memiliki risiko 30 persen lebih rendah mengalami glaukoma, dibanding orang yang malas mengonsumsi sayuran hijau.

Maka dari itu, usahakan agar Anda mengonsumsi beragam sayuran, termasuk sayuran hijau. (fmz/pm)

Comments
Loading...