Fenomagz
Unleash the Wild Side

Kebiasaan Buruk Yang Mengakibatkan Perut Menjadi Buncit

0

Kebiasaan ngemil di malam hari dan makan terlalu malam adalah beberapa penyebab perut jadi buncit

 

FENOMAGZ – Perut buncit adalah sebuah keluhan yang tak hanya mengganggu bagi para wanita saja, tapi juga bagi para sebagian pria yang mementingkan penampilan. Perut yang buncit dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri seseorang sehingga akhirnya tak perlu heran jika banyak orang akan langsung mencari cara mengecilkan perut buncit.

Sebelum mengatasinya, ada baiknya Anda mengenali segala kebiasaan buruk yang menyebabkan perut Fenomen menjadi buncit. Dengan mengetahui kebiasaan buruk tersebut, kesadaran kita otomatis akan meningkat dan akhirnya baru bisa mengatasi dengan membatasi kebiasaan tersebut. Di bawah ini adalah sejumlah kebiasaan buruk yang dianggap biasa tapi justru berujung perut buncit.

1. Ngemil di Malam Hari

penyebab perut buncit

Ngemil memang kegiatan yang asyik bagi banyak orang, apalagi dilakukan di malam hari sembari menonton TV atau beraktivitas di depan komputer. Hal ini telah menjadi kebiasaan banyak orang, padahal ngemil tidaklah menyehatkan jika dilakukan berlebihan apalagi berkepanjangan.

Tips: Kebiasaan buruk ngemil di malam hari mampu meningkatkan ukuran perut sehingga akhirnya menjadi buncit. Ketimbang mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi sebaiknya mulailah biasakan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan.

2. Makan Tidak Teratur

Kebiasaan lainnya yang cukup buruk dan malah justru mampu memperbesar risiko perut buncit adalah makan secara tidak teratur. Saat tubuh tak tahu pasti waktu makan Anda berikutnya, maka tubuh biasanya bakal segera menyimpan lemak. Kondisi seperti inilah yang kemudian menyebabkan timbulnya penimbunan lemak di dalam tubuh yang akhirnya membuat perut buncit.

Tips: Mulailah menjauhi kebiasaan makan tidak teratur agar keseimbangan dan kesinambungan energi bisa tetap terjaga. Sangat perlu untuk menjaga jam makan untuk senantiasa teratur. Miliki jam makan yang tetap dan sebaiknya tak mengulur-ngulur apalagi melewatkannya karena alasan apapun.

Baca juga:   4 Macam Aroma yang Ampuh Redakan Stres

3. Makan Malam Terlalu Malam

Makan sore atau setidaknya paling lambat sebelum setengah 7 malam biasanya akan membantu tubuh mencerna makanan lebih baik di waktu malam. Namun, ketika Anda makan malam terlalu malam, tubuh malah justru bakal menyimpan hasil makan malam di area perut sebagai lemak.

Tips: Ketika Anda makan lebih dari jam 8 malam, pastikan Anda sudah tak makan berat apalagi ngemil makanan-makanan yang mengandung kalori tinggi. Untuk mencegah penyimpanan dan penimbunan lemak, Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih saja. Ingat bahwa minum air putih yang cukup dalam sehari juga mampu menjauhkan tubuh dari bahaya dehidrasi.

4. Makan Terlalu Banyak

Kebiasaan makan dalam porsi banyak dimiliki oleh pria maupun wanita. Meski makanan memang berpengaruh besar terhadap perkembangan tubuh karena serangkaian nutrisi pentingnya, mengonsumsi makanan secara berlebih juga tidak baik. Kebanyakan konsumsi makanan berlemak dan berkalori adalah pemicu perut buncit.

Tips: Terkadang ada beberapa orang yang merasa kesulitan untuk mengendalikan porsi makanannya karena memang pada dasarnya selalu ingin memuaskan perut dan kalau makan sedikit tidak terasa kenyang. Kebiasaan seperti ini sebaiknya tidak diteruskan karena makan berlebihan bisa berakibat gemuk. Ada baiknya untuk segera berhenti makan sebelum merasa kenyang betul karena yang pas itu selalu lebih baik.

5. Mengonsumsi Makanan Berlemak (Gorengan) Terlalu Sering

Perut buncit bisa dipicu oleh konsumsi makanan berlemak tinggi di mana biasanya jenis makanan ini adalah junk food.

Tips: Walaupun nikmat, ada baiknya Anda berpindah haluan dari makanan yang digoreng dan berlemak ke makanan yang sehat bagi tubuh. Sesekali makan sah-sah saja, tapi pastikan untuk membatasinya jika tak ingin perut membuncit karena berat badan yang terus naik secara drastis.

Baca juga:   Trik Agar Bercinta Terasa Seperti Sedang Berlibur

6. Makan dengan Cepat

Apakah Anda memiliki kebiasaan makan secara terburu-buru dan tak santai karena dikejar waktu? Mungkin banyak orang sibuk memiliki kebiasaan makan secara cepat dan buru-buru dikarenakan tuntutan pekerjaan. Ketika makan dengan cepat, otomatis proses pencernaan tak berjalan sempurna yang akibatnya bisa terjadi pada perut yang membuncit dan tak nyaman akibat kembung.

Tips: Kunyahlah makanan dengan lambat (lambat di sini bukan berarti terlalu lambat). Nikmati makanan Anda supaya proses pencernaan pun juga terdukung untuk bekerja secara benar dan baik.

  1. Kurang Olahraga

Salah satu cara membakar lemak di dalam tubuh adalah dengan berolahraga. Banyak orang merasa malas ketika harus menggerakkan tubuhnya secara aktif. Padahal kurangnya olahraga bisa menjadi pemicu perut membuncit gara-gara penumpukan lemak.

Tips: Olahragalah paling tidak 15-30 menit setiap harinya. Ini justru jauh lebih efektif ketimbang Anda melakukan olahraga seminggu sekali dengan waktu berjam-jam. Namun, tetap harus diingat bahwa jangan berolahraga secara berlebihan. Jadwalkan dengan baik waktu olahraga Anda supaya lebih teratur.

  1. Tidur Sehabis Makan

Orang-orang yang tidur tepat sehabis makan ini biasanya dianggap sebagai orang yang malas. Kebiasaan semacam ini sebaiknya Anda hentikan karena sistem pencernaan tak bekerja secara optimal apabila setelah makan langsung tidur.

Tips: Meski sehabis makan malam, tunggulah paling tidak 1-2 jam sebelum Anda berangkat tidur. Langsung tidur sesudah makan, akan membuat kinerja sistem pencernaan Anda tidak lancar. Berilah waktu bagi sistem pencernaan untuk mencerna makanan Anda dengan baik sekitar 2 jam, barulah sesudahnya Anda bisa beristirahat dan tidur nyenyak.

9. Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Pemanis Buatan

Makanan atau minuman kemasan yang mengandung pemanis buatan selalu menjadi favorit, tak hanya bagi anak-anak tapi juga bagi para orang dewasa. Selain meningkatkan resiko diabetes, makanan atau minuman berpemanis buatan juga mampu menaikkan risiko obesitas dan perut buncit.

Baca juga:   Clean Sleeping, Cara Tidur yang Bikin Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Tips: Makanan berpemanis buatan sulit untuk berfermentasi sehingga akhirnya usus pun terganggu. Jika Anda tidak ingin segala masalah kesehatan ini terjadi, kurangilah konsumsi makanan-makanan jenis ini. (fmz/pm)

Comments
Loading...