Kenapa Ibu Rumah Tangga Rentan Kena HIV/AIDS? Ini Penjelasannya!

berikut ini penjelasan menurut hasil penelitian yang telah dilakukan

Judi

judi

FENOMAGZ – Secara mengejutkan, saat ini tidak sedikit jumlah ibu rumah tangga yang mengidap HIV. Emi Yuliana dari Komisi Pencegahan AIDS Surabaya menyatakan bahwa terjadi peningkatan kasus atau tren ibu rumah tangga yang terkena HIV/AIDS. Dibandingkan dengan kaum pekerja seks komersial, jumlah ibu rumah tangga yang mengidap HIV/AIDS mengalami peningkatan yang lebih signifikan.

Baca juga: Mengapa Wanita Lebih Emosional Dari Pria Sehabis Bercinta?

Ini kemungkinan disebabkan oleh kurangnya intervensi terhadap pencegahan penyebaran HIV/AIDS pada ibu rumah tangga, berbeda dengan pencegahan HIV/AIDS pada pekerja seks komersial yang lebih digalakkan. Menurut Kepala Badan Penanggulangan AIDS Daerah Bogor, pada tahun 2012, 60% dari penderita HIV/AIDS di Kota Bogor adalah ibu rumah tangga.

Pencegahan penyebaran HIV pada ibu rumah tangga menemui kendala karena kebanyakan ibu hamil ataupun yang hendak menjalankan program hamil menolak untuk menjalani tes HIV/AIDS. Penolakan ini terjadi biasanya karena merasa malu, tabu, atau merasa baik dirinya maupun pasangannya tidak pernah berhubungan seksual dengan orang lain. Hanya ada kurang dari 10% yang bersedia menjalankan tes HIV setelah menikah.

Jika melakukan tes HIV dianggap tabu, maka ibu rumah tangga dapat mencoba menggunakan kartu skor yang berisi pertanyaan-pertanyaan terkait pekerjaan dan aktivitas seksual baik aktivitas seksual individu maupun pekerjaan dan aktivititas seksual pasangan. Sebagai contoh, jika pasangan Anda bekerja sebagai supir lintas provinsi dan jarang pulang ke rumah, maka Anda berada pada kelompok berisiko dan dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut termasuk tes darah jika diperlukan. (fmz/bb)

Comments
Loading...