Kenapa Pria Memiliki Puting Susu? Ini Penjelasannya!

berikut ini alasan kenapa pria memiliki puting susu

Judi

judi

FENOMAGZ – Manusia dilengkapi dengan beberapa bagian tubuh dengan fungsinya masing-masing dapat menunjang segala aktivitasnya. Berbeda dengan alat indera dengan kegunaan vitalnya, beberapa bagian tubuh lain justru terlihat sepele dan bahkan terlihat tidak ada gunanya. Salah satu yang kerap di pertanyakan adalah puting susu pria.

Baca juga: Kenapa ‘Cupang’ Dapat Membuat Kulit Menjadi Memar? Ini Penjelasannya!

Tidak jarang, puting susu pria sering dianggap sebagai bagian tubuh yang useless alias tidak berguna. Tapi tidak mungkin, kan, segala sesuatu diciptakan tanpa ada fungsinya? Jika pada wanita puting berfungsi untuk proses laktasi atau menyusui, lantas untuk apa, ya, fungsi puting susu pria? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini.

Sebelum mengetahui alasan kenapa pria memiliki puting payudara, akan dijelaskan terlebih dahulu bagaimana proses terbentuknya puting susu pria.

Pada saat menjadi embrio, tubuh pria dan wanita memiliki jaringan dan ‘cetakan’ yang sama. Sebenarnya, semua embrio mulai keluar sebagai betina, karena itulah puting susu ada pada kedua jenis kelamin.

Kemudian seiring bertambahnya usia kandungan, ada pengaruh dari gen, kromosom Y, serta hormon testosteron yang membawa perubahan maskulinitas pada embrio pria. Testosteron meningkatkan pertumbuhan penis dan testis. Tapi karena puting pada embrio pria sudah ada sebelum proses ini dimulai, maka puting pun tetap ada meski tak akan bisa membesar saat masuk masa pubertas nantinya. Nah, hal tersebutlah yang menjadi alasan kenapa pria memiliki puting susu. (fmz/bb)

Comments
Loading...