advertisement

Kenapa Vagina Kram Usai Bercinta? Ini Penjelasannya!

berikut ini penjelasan menurut sebuah studi

Judi

judi

judi

FENOMAGZ – Selain dapat memberi banyak manfaat kesehatan, ternyata terdapat efek samping tersembunyi dari berhubungan seks. Memang tidak semua wanita akan mengalaminya, tapi hasil dari sebuah studi menunjukkan 1 dari 10 wanita yang mengalami kram vagina usai berhubungan intim. Kenapa, ya?

Baca juga: 3 Trik Merangsang Titik G-Spot Yang Bikin Wanita Melayang

Beberapa wanita bisa mengalami kram di organ intim (vagina) setelah seks selesai. Ginekologis asal New York, Shyama Mathews, MD, mengungkapkan bahwa kebanyakan wanita pernah mengalami jenis rasa sakit atau nyeri ini segera setelah seks selesai. Beberapa wanita merasakan seperti kram saat menstruasi.

Hampir 1 dari 10 wanita mengalami rasa nyeri ini selama atau setelah seks. Rasa nyeri ini disebut dyspareunia. Peneliti mengungkapkan, hal ini bisa terjadi karena kondisi miss V yang kering, rasa khawatir berlebihan, kurang menikmati dan berbagai isu lain seperti masalah emosional dan psikologis.

“Hal ini bisa juga karena sperma, sperma mengandung prostaglandin yang menyebabkan uterus berkontraksi, tapi itu hanya bisa terjadi jika seks tidak menggunakan pengaman seperti kondom. Alasan umum lainnya adalah adanya stimulasi di area serviks dan bagian bawah rahim yang memicu berkontraksi,” jelas dokter Shyama Mathews.

Penyebab lain yang mungkin adalah kejang otot dasar panggul, yaitu saat otot di sekitar area ini kejang atau kram vagina. Ada kalanya kram atau nyeri menyebar ke belakang atau bawah kaki, hal ini bisa jadi indikasi lain seperti fibroid uterus atau endometriosis, jadi kamu harus hati-hati dengan jenis rasa sakit ini ladies. (fmz/bb)

Comments
Loading...