Kepedasan? Jangan Buru-Buru Minum Air Putih!

berikut ini mengapa saat kepedesan tidak diharus minum air putih segera

FENOMAGZ – Sebagai orang Indonesia yang makanannya didominasi rempah dan bumbu-bumbu berasa tajam, cita rasa pedas menjadi rasa yang paling digemari. Bahkan semakin pedas suatu makanan, maka banyak yang menganggap bahwa rasa makanan tersebut semakin lezat.

Baca juga: 5 Cara Sensual Membakar Kalori

Meski cita rasa pedas membuat Anda keringatan, mata berair, dan diiringi dengan lidah yang terasa seperti terbakar, Anda sama sekali tidak kapok saat mengonsumsinya. Biasanya, saat sedang kepedasan maka hal yang pertama kali Anda lakukan adalah langsung minum air putih dingin.

Namun sebuah penelitian justru menyarankan Anda agar tidak langsung minum air putih meski Anda sedang kepedasan. Kenapa? Penelitian menunjukkan bahwa zat capcaisin yang ada dalam cabai adalah molekul non polar. Zat ini hanya larut dalam zat non polar lainnya. Sementara air merupakan zat polar yang tidak dapat menenangkan rasa pedas ini. Itulah sebabnya sebenarnya minum air putih dengan tujuan untuk meredakan rasa pedas hanyalah sia-sia.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa pedas? Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Anda bisa meredakan kepedasan dengan zat non polar dan susu adalah salah satu contoh zat non polar yang dapat melarutkan capcaisin di lidah Anda sehingga Anda jadi tidak kepedasan.

Jadi, Anda sedang merasa kepedasan karena menu makan siang hari ini? Sediakan segelas susu di samping Anda. (fmz/bb)

Comments
Loading...