advertisement

Kesalahan Saat Berbuka Puasa yang Harus Fenomen Tahu

Jika dilakukan dengan benar, kadar kolestrol dan lemak tubuh akan menurun. Sebab saat puasa tubuh tidak akan mendapat asupan makanan apa pun sekitar 12 jam

Judi

judi

judi

 

FENOMAGZ – Saat sedang menjalankan ibadah puasa, agar puasanya lancar, berikut ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Apa sajakah? Berpuasa juga membantu menjaga kesehatan tubuh, saat berpuasa tubuh akan mengeluarkan berbagai racun dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jika dilakukan dengan benar, kadar kolestrol dan lemak tubuh akan menurun. Sebab saat puasa tubuh tidak akan mendapat asupan makanan apa pun sekitar 12 jam.

Kondisi tersebut memang akan menurunkan kadar gula darah yang membuat tubuh sedikit lemas. Tapi, kondisi itu bisa diatasi dengan mengatur pola makan dan aktivitas lain dengan benar. Sebab, meski selalu melakukan puasa, ternyata masih banyak orang yang membuat kesalahan.

Berikut apa saja kesalahan yang kerap dilakukan saat berpuasa? Yuk mari kita simak bersama.

Makan makanan asin saat sahur

Makanan yang terlalu banyak mengandung garam, sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur. Sebab, garam akan mengikat air yang membuat tubuh merasa kahausan. Sebaiknya, makan makanan sehat dari olahan sayuran saat sahur dan kurangi penggunaan garam. Sayuran hijau yang mengandung banyak air akan menjaga kebugaran tubuh sepanjang hari.

Terlalu banyak tidur siang

Kesalahan yang paling umum dilakukan saat berpuasa adalah terlalu banyak tidur siang. Jam tidur beberapa orang asing berubah saat puasa. Mereka biasanya kana lebih banyak tidur di siang hari dan terjaga di malam hari. Padahal, hal itu jelas salah kaprah, terlalu banyak tidur siang justru membuat tubuh semakin lemas.

Terlalu banyak minum minuman bersoda

Minum minuman bersoda ditambah es saat berbuka mamang terasa sangat menyegarkan. Tapi, hal itu mulai sekarang hindari kebiasaan yang salah itu, rasa manis dalam minuman bersoda akan membuat kadar gula darah melonjak naik. Selain itu, soda juga meningkatkan asam lambung yang menyebabkan perut kembung dan gangguan pencernaan.

Makan banyak manisan saat berbuka

Konsumsi makanan manis saat berbuka memang sangat disarankan tapi, bukan berarti semua makanan yang disantap harus berasa manis. Biasanya orang indonesia akan membatalkan puasanya dengan teh manis, kolak, sirup, es buah, dan berbagai makanan manis lainnya.

Sebaiknya, batalkan puasa dengan segelas air putih hangat dan cemilan manis. Jika tidak suka anda bisa membatalkan puasa dengan hanya menyantap kolak atau es buah saja. Beri jeda bagi lambung untuk mencerna sebelum memakan makanan berat lainnya. (fmz/pz)

Comments
Loading...