Fenomagz
Unleash the Wild Side

Kulit Telapak Kaki Anda Pecah-Pecah? Mungkin Ini Penyebabnya (2)

0

Selain membuat rasa percaya diri berkurang, kulit telapak kaki yang pecah-pecah bisa membuat jalan Anda jadi tidak nyaman

Kulit Telapak Kaki Anda Pecah-Pecah? Mungkin Ini Penyebabnya (2)

FENOMAGZ – Coba deh tengok kulit telapak kaki Fenomen. Apakah pecah-pecah atau kering? Jika iya, pastinya kulit telapak kaki yang kering bahkan pecah-pecah sangatlah tidak nyaman. Selain membuat tidak nyaman, kulit telapak kaki yang kering juga bisa membuat rasa percaya diri Anda berkurang.

Belum lagi jika kulit telapak kaki Anda terkelupas hingga dalam, pastinya Anda akan semakin sulit untuk berjalan, bukan?namun sebenarnya, apa sih penyebab kulit telapak kaki bisa kering dan pecah-pecah? Ini dia penjelasannya.

  1. Eksim

Bagi mereka yang berbakat memiliki eksim, saat eksimnya kambuh umumnya akan muncul rasa gatal yang sangat hebat. Bahkan tak jarang rasa gatal ini juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Selain membuat gatal-gatal, eksim juga bisa membuat kulit Anda mengelupas dan kering. Namun kondisi ini bisa diperbaiki dengan pola hidup yang baik, seperti menjaga kesehatan tubuh tetap stabil. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menurunkan imunitas tubuh, seperti kelelahan, tidur terlalu malam, atau stres.

  1. Kurang minum air putih

Tentunya Anda tahu bukan bahwa dalam sehari kita harus minum 8 gelas? Saat tubuh Anda kekurangan asupan air, pastinya Anda akan merasa lemas karena dehidrasi. Tak hanya itu, kurang minum juga akan menghambat proses metabolisme dalam tubuh dan mempengaruhi kesehatan kulit Anda.

Salah satu efeknya adalah membuat kulit Anda menjadi kering dan mengelupas. Jika kulit Anda memang cenderung kering, ada baiknya Anda untuk selalu  mencukupi kebutuhan air setiap hari.

Baca juga:   Ini dia Penyakit yang Sering Dideritai pria
  1. Sering memakai sandal jepit

Benarkah sering memakai sandal jepit bisa menyebabkan kulit telapak kaki menjadi kering dan pecah-pecah? Jawabannya adalah benar, sering memakai sandal jepit bisa membuat kulit telapak kaki Anda kering bahkan pecah-pecah. Oleh karena itu, hindari penggunaan sandal jepit terlalu sering, apalagi jika Anda akan pergi keluar rumah tanpa memakai krim tabir surya di kaki.

Karena percaya atau tidak, kulit kaki Anda bisa mengalami kekeringan ekstrem karena terpapar sinar matahari tanpa perlindungan. Tak hanya sinar matahari saja yang bisa membuat kulit telapak kaki Anda mengelupas, namun kulit kaki yang banyak terpapar debu pun juga.

  1. Siklus normal

Secara normal, kulit akan seringkali mengelupas dengan sendirinya. Kondisi tersebut bertujuan  untuk melepaskan sel kulit mati dan beregenerasi dengan sel kulit baru. Tentunya hal ini adalah hal yang wajar.

Jika sudah demikian, janganlah lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan air putih setiap hari dan memakai pelembap di kaki. Dengan begitu, proses pengelupasan kulit telapak kaki akan berjalan secara wajar dan tidak menjadi semakin parah. (fmz/pm)

Comments
Loading...