Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur Agar Tetap Intim

kata terapis hubungan yang juga psikolog Marni Ansellem

Fenomagz – Jauhkan gawai setelah Anda dan pasangan sudah di ranjang. Lalu, sampaikan kepadanya kabar baik yang terjadi hari ini sebelum tidur. Cara ini rupanya efektif membuat hubungan suami istri makin intim.

Dalam studi yang dipresentasikan pada Society for Personality and Social Psychology Annual Convention 2017, terbukti ada banyak manfaat bila pasangan berbagi kabar baik sebelum tidur. Pertama, keintiman meningkat. Kedua, ikatan emosi makin kuat. Ketiga, komunikasi berjalan baik. Keempat, tidur jadi lebih nyenyak.

“Berbicara dnegan pasangan setiap malam merupakan bagian penting dalam membangun keintiman. Ketika hal ini dilakukan akan membuat keduanya merasa nyaman, dihargai dan merasa didengar oleh pasangan,” kata terapis hubungan yang juga psikolog Marni Ansellem.

Selain itu, ada lima hal lainnya yang bisa Anda lakukan bila ingin memperkuat hubungan dengan suami atau istri.

1. Kontak fisik

Mengelus pipi atau rambut, mengenggam tangan, dan aneka kontak fisik lain sambil bercerita merupakan hal baik yang dilakukan sebelum tidur. Cara ini terbukti merekatkan hubungan.

“Sentuhan fisik merupakan cara yang baik untuk meningkatkan hormon oksitosin, sebauh hormon pengikat,” kata terapis hubungan, Lesli Doares.

2. Jauhkan HP dan peralatan elektronik

Di zaman modern ini, rasa-rasanya banyak orang yang tidak bisa jauh dari perangkat elektronik. Sebelum tidur scorlling media sosial atau nonton televisi. Padahal semua itu membuat keintiman merenggang seperti disampaikan Ansellem.

3. Ucapkan terima kasih

“Terima kasih ya tadi sudah jemput aku”, “Terima kasih ya, tadi masakan kamu enak banget”, dan sederet ucapan terima kasih bisa disampaikan ke pasangan sebelum tidur.

Walau terdengar sederhana, mengucapkan terima kasih kepada pasangan memberi efek besar. Pasangan merasa dihargai ketika mendengar hal tersebut seperti terungkap dalam studi 2015 yang dilakukan peneliti Allen Barton dari University of Georgia’s Center for Family Research, Amerika Seirkat.

4. Goodnight kiss

“Ini bukan sesuatu terkait hubungan seks atau mengarah ke sana. Ciuman sayang di malam hari ini merupakan ungkapan mencintai pasangan,” kata psikolog klinis Josh Klapow.

Jika tidak ciuman, bisa juga dnegan memberikan pelukan sekitar 30 detik sebelum tidur. Sepakat dengan Klapow, konselor hubungan Julienne Derichs mengatakan kontak fisik itu berarti dalam hubungan suami istri.

“Sentuhan dan ungkapan sayang itu dapat memperkuat ikatan emosioanl pasangan. Jadi, tidak melulu memberikan ciuman atau pelukan itu selalu mengarah ke hubungan seks,” kata Derichs.

5. Memberi pujian

“Kamu cantik pakai baju itu”, “Kamu rajin juga membersihkan rumah” dan aneka pujian bisa diberikan kepadanya. Siapa yang tidak senang kan kalau dipuji.

“Mengakhiri hari dengan mendengar sesuatu yang menyenangkan keluar dari mulut orang dicintai begitu menyenangkan. Ingatan akan hal membahagiakan seperti ini bakal memperkuat ikatan lebih dari yang Anda duga,” kata pakar hubungan, Emily Lyons.

Comments
Loading...