Fenomagz
Unleash the Wild Side

Makanan Terbaik Untuk Menguatkan Rambut Pria

0

Pasalnya, rambut memerlukan nutrisi tertentu agar proses metabolisme dapat berjalan optimal dan kekuatannya terjaga

 

FENOMAGZ – Siapa bilang perawatan rambut hanya bisa dilakukan dari luar? Sama halnya seperti kulit, apa yang Anda makan berpengaruh terhadap tampilan rambut. Pasalnya, rambut memerlukan nutrisi tertentu agar proses metabolisme dapat berjalan optimal dan kekuatannya terjaga.

Defisiensi nutrisi diyakini dapat menyebabkan rambut kering, kusam, dan mudah rontok. Meski gejalanya cenderung lebih lama teramati daripada yang muncul pada kulit, beberapa di antaranya bisa diatasi saat kebutuhan nutrisi dipenuhi.

Nutrisi-nutrisi ini termasuk vitamin A, C, B12, biotin, protein, seng, dan banyak lagi. Tak perlu risau karena Anda bisa mendapatkannya lewat makanan sehari-hari. Di antaranya dengan menyertakan 10 makanan terbaik untuk menguatkan rambut ini dalam menu diet Anda:

1. Salmon
Satu lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan dari salmon. Asam lemak omega 3 nya diperlukan tubuh untuk menumubuhkan rambut. Sekitar 3% batang rambut terdiri dari omega 3. Asam lemak ini juga terdapat di membran sel kulit kepala dan minyak alami yang menjaga kelembaban rambut.

Kekurangan omega 3 dapat menyebabkan kulit kepala kering dan rambut kusam. Salmon juga mengandung protein, vitamin B-12, zat besi, dan vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan rambut.

2. Walnut
Walnut termasuk salah satu jenis kacang yang kaya akan omega 3. Kacang Brazil ini pun diperkaya dengan biotin dan vitamin E yang dapat melindungi sel dari kerusakan DNA. Walnut juga merupakan sumber alami selenium, tembaga, dan seng. Tembaga berfungsi menjaga warna alami dan kilau rambut, sementara seng dan biotin dapat membantu mencegah kerontokan rambut.

3. Tiram
Kekurangan seng dapat menyebabkan kerontokan rambut, bahkan di bulu mata Anda. Defisiensi ini juga bisa membuat kulit kepala kering dan bersisik. Untuk mencegahnya, konsumsi makanan kaya seng seperti tiram.

Salah satu keluarga kerang-kerangan ini juga mengandung banyak protein. Tanpa protein yang cukup, tubuh tidak bisa menggantikan rambut yang rontok secara alami setiap hari. Rambut yang tersisa pun cenderung kering, lemah, dan rapuh.

4. Ubi jalar
Ubi jalar kaya akan antioksidan beta karoten yang akan diubah tubuh menjadi vitamin A. Selain mencegah kerusakan sel, vitamin A membantu melindungi dan memproduksi minyak alami untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Defisiensi vitamin A bahkan dapat menyebabkan kulit kepala gatal dan berketombe.

5. Telur
Telur mengandung banyak biotin, vitamin B12, dan protein yang sangat diperlukan rambut. Sekitar 97% rambut sendiri terdiri dari protein. Telur juga memiliki empat mineral utama bagi kesehatan rambut, yakni seng, selenium, sulfur, dan besi.

Zat besi penting untuk membantu mengangkut oksigen ke folikel rambut. Diet seimbang bahkan kurang efektif jika sirkulasi oksigen dan nutrisi ke rambut tidak maksimal. Akibatnya, rambut mudah rontok seperti yang sering dialami para penderita anemia yang kekurangan zat besi.

6. Bayam
Sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, dan brokoli banyak menyediakan zat besi dan kalsium. Bayam juga diperkaya dengan beta karoten, asam folat, vitamin C, dan A yang penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala, produksi sebum, serta sirkulasi minyak alami.

7. Kacang lentil
Di balik ukurannya yang mini, khasiat kacang lentil untuk kesehatan telah banyak diakui. Kacang yang banyak dikonsumsi di Timur Tengah ini banyak mengandung protein, zat besi, seng, dan biotin. Jika sulit mendapatkan lentil, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan lain seperti kedelai.

8. Greek yogurt
Greek yogurt adalah yogurt yang telah mengalami proses penyaringan sehingga teksturnya lebih kental dibandingkan yogurt biasa. Yogurt ini mengandung protein lebih tinggi serta kaya akan vitamin B5 dan D. Vitamin D diduga berkaitan dengan kesehatan folikel rambut, meski cara kerjanya masih belum bisa dipastikan.

Baca juga:   Ini dia Latihan Pengecil Purut untuk Anda yang Pekerja Kantoran

9. Blueberry
Blueberry merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik. Vitamin ini sendiri penting untuk menjaga sirkulasi kulit kepala dan pembuluh darah kecil yang menjadi jalur makanan folikel. Fungsi lainnya adalah untuk memproduksi kolagen, jaringan penghubung yang ditemukan di dalam folikel. Defisiensi vitamin C dapat menyebabkan rambut rapuh dan mudah patah.

10. Produk unggas
Sudah bukan rahasia lagi jika daging ayam, itik, dan unggas lainnya merupakan salah satu sumber protein utama. Protein sangat diperlukan untuk menyehatkan dan menguatkan rambut. Ditambah lagi, produk-produk olahan unggas ini juga menyediakan zat besi, seng, vitamin B, yang tak kalah penting.(fmz/pz)

Comments
Loading...