Mengapa Berendam Air Panas Bisa Bikin Pria Tidak Subur? Ini Penjelasannya!

berikut ini penjelasan mengapa berendam air panas bisa bikin pria tidak subur

FENOMAGZ – Penelitian ternyata dapat menunjukkan bahwa meningkatkan suhu testis dengan kegiatan yang menghasilkan panas di sekitar skrotum seperti berendam air panas, memakai celana dalam/pakaian ketat, sauna, atau bersepeda dapat menyebabkan penurunan pada kualitas dan jumlah produksi sperma Anda, bahkan juga pada mortilitas. Hal ini ternyata dapat mengurangi kesuburan pria.

Baca juga: 3 Tanda Disfungsi Seksual Yang Terjadi Pada Wanita

Dalam intensitas dan frekuensi sewajarnya, sejumlah kegiatan ini tidak akan memberikan pengaruh signifikan terhadap sperma. Tapi pria yang memang memiliki jumlah sperma sedikit mungkin ingin menghindari aktivitas-aktivitas ini sementara waktu, jika ia dan pasangan sedang merencanakan kehamilan.

Temuan dari tiga tahun studi mendukung mitos bahwa pria harus menghindari memanaskan sperma mereka. Setelah menganalisis data dari pria steril yang telah berulang kali terkena suhu air yang tinggi dari berendam air panas melalui jacuzzi, atau bak air hangat selama sekitar 30 menit per minggu, mereka menemukan kaitan yang kuat terhadap kemandulan pada pria. Bahkan, semua pria dalam studi tersebut menunjukkan tanda-tanda ketidaksuburan, termasuk gangguan produksi sperma dan kematian sperma.

Penelitian lain telah menunjukkan panas dari penggunaan laptop dan mengenakan pakaian ketat dapat mengurangi kesuburan, berdasarkan laporan dari Journal of Brazilian Society of Urology. Ada juga beberapa bukti bahwa paparan panas dapat merusak DNA sperma.

Inilah alasan mengapa testis berada di luar tubuh pria, di dalam lindungan skrotum: Sperma akan berada pada kondisi paling prima ketika berada di lingkungan dingin, di bawah suhu tubuh normal. (fmz/bb)

Comments
Loading...