Mengapa Buang Air Besar Bisa Terasa Seperti Orgasme? Ini Penjelasannya!

berikut ini penjelasan menurut para ahli

FENOMAGZ – Buang air besar adalah kebutuhan manusia untuk membuang kotoran gar membuat tubuh senantiasa sehat. Membuang air besar secara teratur adalah salah satu tanda pencernaan yang sehat. Namun baru-baru ini peneliti menjelaskan bahwa buang air besar pada waktu-waktu tertentu juga bisa membuat orang merasakan orgasme.

Baca juga: 3 Tips Efektif Menghindari Kebosanan Dalam Seks

Seorang doktor dari Princeton mengungkap bahwa bagi beberapa orang, pengalaman buang air besar bisa membuat mereka merasa seperti orgasme. Kuncinya adalah ketika mereka mengeluarkan kotoran dalam ukuran yang cukup besar. Ketika kotoran yang dikeluarkan cukup besar, saraf pada rektum harus bekerja lebih keras dan merangsang saraf lain yang ternyata berkaitan dengan rasa orgasme.

“Merasa orgasme saat buang air besar tidak berbahaya. Namun sebaiknya hati-hati, karena bagi beberapa orang ini bisa membuat ketagihan,” ungkap Dr Anish Sheth, asisten penulis buku ‘What’s Your Poo Telling You’.

Ketika rektum membesar dan menyentuh saraf yang berkaitan dengan orgasme, yaitu saraf vagus, maka kemungkinan seseorang akan merasakan orgasme. Penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa wanita yang mengalami cedera tulang belakang bisa mengalami orgasme akibat saraf vagus yang berkaitan dengan rahim, leher rahim, dan vagina, hingga ke otak.

“Bagi beberapa orang, rasanya sungguh menenangkan, namun bagi beberapa orang terasa seperti orgasme. Bagi yang beruntung, itu terasa seperti keduanya,” ungkap Dr Sheth.

Dr Sheth yang menyebut fenomena ini sebagai ‘poo-phoria’ menjelaskan bahwa hal ini disebabkan oleh penurunan aliran darah. Dengan begitu, detak jantung menurun dan begitu juga tekanan darah. Selanjutnya, aliran darah ke otak akan berkurang. Saat itulah orang mulai merasa seperti di awang-awang, seperti diungkap Dr Sheth.

Apakah Anda juga pernah merasakan ketenangan yang sangat atau orgasme saat buang air besar? (fmz/bb)

Comments
Loading...