Fenomagz
Unleash the Wild Side

Mengatasi Bau Badan Pria

0

Pada dasarnya, bau badan itu juga dipengaruhi oleh gaya hidup dan kebersihan tubuh kita

 

FENOMAGZ – Tubuh pria lebih cepat berkeringat dan menjadi bau dibandingkan wanita. Salah satu alasan yang menyebabkan munculnya bau badan pada pria adalah tingkat testoteron yang lebih tinggi sehingga mempengaruhi produksi kelenjar keringat apokrin. Kelenjar keringat apokrin adalah kelenjar keringat yang biasa ditemukan di daerah tempat tumbuhnya rambut seperti kulit kepala, ketiak, dan selangkangan. Pada dasarnya, bau badan itu juga dipengaruhi oleh gaya hidup dan kebersihan tubuh kita. Berikut adalah tips mencegah bau badan pada pria, seperti yang dilansir di Askmen.

1. Mandi adalah cara paling baik dan sederhana untuk menghilangkan bau badan. Tubuh yang bersih dapat menghambat tumbuhnya bakteri jahat yang menyebabkan bau badan.

2. Deodoran/antiperspirant. Banyak produk deodoran yang hanya mampu menutupi bau badan saja, tetapi tidak benar-benar melawan bakteri. Produk deodoran yang paling efektif untuk mencegah bau adalah yang mengandung aluminium atau seng. Kedua elemen ini dikenal ampuh memerangi bakteri penyebab bau. Antiperspirant juga mampu menyumbat kelenjar keringat sehingga bakteri tidak dapat berkembang biak. Sabun anti bakteri juga dapat membantu Anda untuk membunuh bakteri jahat.

3. Tepat nutrisi. Mengurangi kafein sama dengan mengurangi bau badan. Kopi, cola, dan minuman berkafein lainnya adalah minuman yang berkontribusi terhadap munculnya bau. Mereka dapat menstimulasi kelenjar keringat apokrin. Minum banyak air dapat membantu kelenjar keringat ekrin untuk tetap aktif sehingga mampu mencairkan keringat apokrin. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengurangi bau badan.

Baca juga:   Kesalahan Saat Olahraga yang Harus Anda Katahui!

4. Asam borat. Salah satu produk terbaik untuk mengobati bau badan. Produk ini relatif murah dan sangat ampuh untuk melawan bau badan. Asam borat akan memperlambat penyebaran bakteri. Jangan menggunakannya secara berlebihan karena bisa menyebabkan iritasi.

5. Mengubah pola diet Anda. Terkadang makanan berlemak atau makanan yang berbau tajam seperti pete dan jengkol tentu bisa menyebabkan bau badan.

6. Mencukur ketiak secara rutin akan membantu mencegah akumulasi bakteri dan dapat mengurangi keringat dan bau.

7. Jika Anda memiliki masalah keringat berlebih atau hiperhidrosis, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Di sisi lain, masalah medis tertentu juga dapat menyebabkan keringat berlebih.(fmz/pz)

Comments
Loading...