Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Cara Mengatasi Kecanduan Kopi Dengan Minum Teh

Tidak jarang, kopi dipilih untuk menemani menyelesaikan pekerjaan jika sedang dikejar deadline

0

 

FENOMAGZ – Kopi adalah minuman yang banyak disukai oleh banyak orang. Ada yang menyukai menghirup aroma nya da nada yang menyukai rasanya. Tidak jarang, kopi dipilih untuk menemani menyelesaikan pekerjaan jika sedang dikejar deadline. Hal itu dikarenakan kopi mengandung kafein yang bisa menjadi stimulan untuk tubuh.

Ada orang yang tidak bisa lepas dari minum kopi. Setiap harinya harus meminum kopi minimal satu cangkir atau bahkan lebih. Jika sudah begini, maka orang itu sudah kecanduan kopi. Sedangkan, mengkonsumsi secara berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi terlalu banyak kafein bisa menyebabkan gangguan masalah pencernaan, kolestrol tinggi, dan sulit tidur atau insomnia.

Kopi juga bisa menyebabkan sakit kepala atau migrain. Mengurangi jumlah asupan kafein bisa mengurangi tingkat ke parahan dan frekuensi sakit kepala. Dampak lain yang bisa didapatkan dari mengurangi asupan kafein adalah tidur yang lebih nyenyak dan tingkat kecemasan menurun.

Bagi anda yang sudah kecanduan kopi, anda disarankan untuk mengurangi jumlah kopi atau bahkan berhenti meminumnya. Namun, yang namanya menghilangkan kebiasaan tentu adalah hal yang sulit. Untuk menghilangkan kecanduan terhadap kopi hal pertama yang bisa anda lakukan adalah mengetahui jumlah asupan kopi yang anda konsumsi dalam sehari.

Setelah mengetahui jumlah asupan kopi yang anda terima, cobalah turunkan frekuensi minum kopi secara bertahap. Sebagai contoh, apabila dalam satu hari anda biasanya mengkonsumsi 3 cangkir kopi, anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi dua cangkir kopi. Atau apabila anda biasanya mengkonsumsi secangkir kopi setiap hari, anda bisa mengkonsumsi nya menjadi tiga kali seminggu.

Baca juga:   Seputar Air Putih yang Harus Anda Ketahui

Melepaskan diri dari kecanduan kopi memang tidak bisa instan. Diperlukan waktu 3-4 minggu, baru setelah itu tubuh sudah terbiasa dengan asupan yang lebih sedikit atau tidak ada kafein. Anda hanya perlu rutin dan bertahan dalam proses menghilangkan kecanduan terhadap kopi. (fmz/pz)

Comments
Loading...