advertisement

Mengenal Bahaya Yang Akan Timbul Akibat Letusan Gunung Berapi

Berikut ini bahaya-bahaya yang akan timbul akibat letusan gunung berapi

judi

FENOMAGZ – Bencana alam seperti letusan gunung api memang tidak mungkin bisa di lawan dan di tundukkan. Meski begitu, bukan berarti bencana satu ini tidak bisa Anda antisipasi. Itu sebabnya, Anda harus pandai-pandai menyusuaikan diri dengan selalu waspada dan siap siaga saat bencana alam tersebut terjadi. Lantas, apa yang seharusnya bisa Anda lakukan sebelum, selama, dan sesudah bencana letusan gunung berapi sedang terjadi.

Baca juga: Tidak Hanya Lewat Mata Ternyata Kepribadian Bisa Dilihat Dari Bentuk Bibir

Sebelum mengetahui segala persiapan yang harus dilakukan sebelum, selama, dan sesudah bencana letusan gunung berapi terjadi, Anda harus pahami dulu bahaya yang nantinya akan timbul akibat letusan gunung api.

Berikut ini bahaya-bahaya yang akan timbul akibat letusan gunung berapi:

  • Aliran lava. Lava adalah sebuah magma yang meleleh ke permukaan bumi melalui rekahan, suhunya bisa mencapai lebih dari seribu derajat celcius dan dapat merusak segala bentuk infrastruktur di sekitarnya.
  • Awan panas. Awan panas adalah sebuah aliran material vulkanik panas yang terdiri atas batuan berat, ringan (berongga), larva massif dan butiran klasik yang pergerakan nya di pengaruhi oleh sebuah gravitasi dan akan cenderung mengalir melalui lembah.
  • Gas beracun. Gase beracun adalah gas vulkanik yang dapat mematikan seketika apabila terhirup dalam tubuh. Gas beracun ini adalah karbon dioksida (CO2), Sulfur dioksida (SO2), asam hidroklorida (HCL), asam flourida (HF), dan asam sulfat (H2SO4).
  • Lahar letusan. Lahar letusan terjadi pada gunung berapi yang mempunyai danau kawah dan terjadi bersamaan ketika letusan.
  • Abu vulkanik. Abu vulkanik atau di sebut juga sebagai jatuhan piroklastik adalah bahan material vulkanik yang di semburkan ke udara saat terjadi letusan gunung api. (fmz/bb)
Comments
Loading...