advertisement

Mengenal Jenis Bahan Kondom dan Kegunaannya

berikut ini penjelasan jenis bahan kondom dan kegunaannya

judi

FENOMAGZ – Sebuah kondom dengan ukuran yang pass adalah hal yang paling penting untuk praktik seks aman. Ukuran yang terlalu besar berisiko longgar dan terlepas, terlalu sempit berisiko bahan mudah meregang dan sobek.

Setiap kali Anda berhubungan seks menggunakan kondom dengan tepat, alat kontrasepsi ini akan sangat efektif untuk mengurangi risiko kehamilan dan penyakit menular seksual. Tetapi, tidak setiap produk diciptakan dengan fungsi dan bahan yang sama.

Baca juga: Beberapa Fakta Unik Tentang Payudara

Kondom berbahan lateks, alias karet, paling efektif untuk mencegah kehamilan dan penyakit kelamin. Kondom lateks terbuat dari getah pohon karet dan umumnya paling mahal daripada jenis kondom lainnya. Namun, kondom ini hanya bisa di gunakan dengan pelumas berbahan dasar air.

Produk lubrikan berbahan dasar minyak atau petroleum jelly dapat menyebabkan bahan menipis, aus, dan rusak. Selain itu, banyak orang yang memiliki alergi terhadap lateks, yang bisa menyebabkan gatal, sensasi terbakar, atau timbul ruam kemerahan.

Untuk mereka yang memiliki alergi lateks, direkomendasikan untuk menggunakan kondom poliuretan terbuat dari plasti sintetis, tidak berwarna dan tidak berbau, lebih tipis dan kuat, namun kurang elastis dibandingkan lateks.

Kondom poliuretan dapat digunakan dengan produk lubrikan berbahan dasar air maupun minyak. Bahan poliuretan juga menghasilkan panas yang bisa meningkatkan sensitivitas selama berhubungan seks. Poliuretan tidak berpori, sehingga memberikan perlingungan bagi pencegahan kehamilan dan penyakit kelamin menular, walaupun tidak diketahui pasti seberapa baik performa kondom poliuretan dalam memberikan perlindungan ini.

Kondom berbahan dasar kulit domba (lambskin) menawarkan sensitivitas super, ketahanan tinggi, bebas lateks, dan memiliki sensasi paling alami dibandingkan dengan yang lainnya. Kulit domba memiliki pori sangat kecil, yang bisa mencegah sperma menembus keluar, namun kondom jenis ini tidak akan melindungi Anda dan pasangan Anda dari penyakit kelamin, seperti HIV, herpes, dan hepatitis B. jadi, mereka harus digunakan hanya jika Anda dan pasangan Anda terbukti bebas dari penyakit kelamin dan terlibat dalam hubungan monogami. (fmz/bb)

Comments
Loading...