Fenomagz
Unleash the Wild Side

Pentingkah Kita Mandi Setiap Hari? Ternyata Begini Penjelasannya

Berikut penjelasan secara medis dari para dokter ahli dan pakar kecantikan

0

FENOMAGZ – Mandi adalah salah satu bukti peradaban dan budaya manusia. Dahulu kala, orang tidak mandi mungkin tidak jadi masalah. Namun seiring perkembangan jaman, orang mulai tahu bagaiman menjadi lebih sehat, lebih menarik, dan lebih nyaman. Dan mandi salah satu caranya.

Kita yang hidup di negara tropis sudah terbiasa mandi dua kali sehari, pagi dan sore. Kadang bila aktivitas kita menyebabkan kita menjadi kotor, atau bila karena ada alasan lain, kita akan mandi hingga tiga kali sehari.

Di iklim seperti indonesia, tidak mandi akan membuat badan menjadi lengket dan bau. Lebih jarang lagi bersentuhan dengan sabun dan air, kulit menjadi gatal dan rambut berminyak. Karena alasan ini, wajar bila kita tidak melupakan mandi.  Berikut penjelasan secara medis dari para dokter ahli dan pakar kecantikan:

Tergantung iklim

Jika anda tinggal ditempat yang beriklim kering atau tempat dengan musim dingin yang ekstrim, maka terlalu sering mandi dengan air panas dan terlalu banyak menggunakan sabun bisa membuat kulit menjadi kering. Namun, daerah yang lembab, jika anda sering berolahraga, mandi setiap hari akan menjadi suatu kebutuhan untuk menjauhkan jerawat, bau badan, atau masalah kulit lainnya seperti ruam jamur.

Baca juga: Beberapa Hal Yang Perlu Dilakukan Bersama Pasangan Sebelum Tidur

Tergantung gaya hidup

Jika anda adalah seorang dengan keringat yang bau, maka demi kebaikan bersama, tolong mandi setiap hari. Hal ini akan menurunkan risiko tersumbatnya pori-pori, jerawat dan risiko di jauhkan rekan-rekan karena aroma yang menyengat.

Baca juga:   Central Grafiti yang Super Keren di Hong Kong

Di rekomendasikan oleh Dr. Christopher O’Connel dari skin Associates di South Florida di Miami agar semua orang mandi setidaknya sehari sekali. Bila rutinitas mereka aktif dan menyebabkan berkeringat, saya merekomendasikan dua kali mandi sehari. Mandi juga membantu membersihkan tubuh dari bakteri, jamur, dan bahan kimia seperti polusi atau pestisida.

Tergantung Gen

Bagi mereka yang berkulit normal hingga berminyak, saya akan merekomendasikan mandi setiap hari untuk meminimalkan risiko infeksi, mengurangi bau badan, dan menghindari jerawat. Namun orang dengan kulit sensitif, yang memiliki eksim atau kulit kering, mungkin ingin menghindari mandi setiap hari.

Kebanyakan orang juga sebaiknya tidak mencuci rambut setiap hari. Memakai shampo yang berlebihan akan menghilangkan minyak alami yang membantu mengkilaukan dan melembatkan rambut. Sebaiknya mencuci rambut tiga atau empat kali seminggu dengan shampo berkualitas. (fmz/bb)

Comments
Loading...