advertisement

Penyakit yang Akan Mengintai Jika Harimu Hanya Diisi Dengan Bermalasan

berikut ini penyakit yang akan mengintai jika kamu hanya bermalas-malasan

judi

FENOMAGZ – Bermalas-malasan, tidak melakukan aktivitas berarti, dan hanya duduk nonton TV sambil ngemil memang menyenangkan. Namun, tetap saja segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan bisa menimbulkan bahaya untuk kesehatanmu. Begitu pula dengan aktivitas bermalas-malasan atau yang dikenal dengan istilah couch potato.

Baca juga: Pria, Sudah Tahu Dampak Buruk Dari Kebiasaan Onani?

Ternyata ada beberapa penyakit yang bisa mengintai kesehatan mereka yang suka bermalas-malasan, lho. Apa saja? Ini dia penjelasannya.

Kegemukan                                    

Saat kamu berdiri selama 1 menit, maka 1 kalori akan terbakar. Sehingga jika kamu berdiri selama sejam, 60 kalori pun akan hilang. Nah, jika kamu mengganti aktivitas berdiri itu dengan duduk, maka bisa dibayangkan bahwa kalori dalam tubuhmu akan menumpuk dan menempatkanmu pada risiko tinggi untuk terkena kegemukan.

Hilangnya kekuatan otot

Saat duduk, otot jadi melemah karena aktivitas di otot akan berkurang. Dan jika kamu duduk terus-menerus, maka kekuatan otot pun jadi hilang.

Naiknya kolesterol

Saat tubuhmu menggemuk akibat keseringan duduk, maka LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh meningkat dan timbul resistensi insulin. Hal ini berakibat dengan meningkatnya kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

Meningkatnya risiko kanker

Tahukah kamu bahwa duduk selama 2 jam per hari bisa meningkatkan risiko kanker usus besar hingga 8%? Juga, risiko kanker endometrium bisa meningkat sebesar 66% pada mereka yang sering menghabiskan waktu hanya dengan dudu

Tulang jadi lemah

Selain membuat otot lemak, tulang juga bisa melemah jika kamu banyak duduk karena berkurangnya kandungan mineral di tulang.

Penyebab penyakit jantung

Mereka yang doyan bermalas-malasan ternyata memiliki peningkatkan risiko untuk terkena serangan jantung dan stroke. Hal ini terjadi karena komplikasi penyakit yang diakibatkan seringnya kamu duduk.

Menurunnya kemampuan untuk mengingat

Bermalas-malasan juga bisa membawa dampak buruk pada kemampuanmu untuk mengingat. Penelitian melaporkan bahwa orang yang sering duduk menjadi semakin sering bingung dan sulit untuk berkonsentrasi. (fmz/bb)

Comments
Loading...