Ini Penyebab Mengapa Muncul Timbunan Lemak Pada Perut

Judi

judi

Perlu Anda ketahui bahwa setiap orang mempunyai lemak pada perut, tak terkecuali pada orang kurus

Ini Penyebab Mengapa Muncul Timbunan Lemak Pada Perut

FENOMAGZ – Fenomen memiliki lemak di perut? Jika ya, pastinya Anda merasa bahwa timbunan lemak tersebut mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri Anda hilang.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap orang mempunyai lemak pada perut, tak terkecuali pada orang kurus. Namun, tahukah Anda apa yang menyebabkan munculnya timbunan lemak di perut? Berikut Fenomagz akan menjelaskan apa penyebab munculnya timbunan lemak di perut.

  1. Berat badan berlebih

Perlu Anda ketahui bahwa semakin besar berat badan Anda, semakin banyak juga penimbunan lemak di perut Anda. Dalam kondisi ini, kelebihan berat badan disebabkan oleh kalori yang lebih banyak masuk ke dalam tubuh daripada kalori yang keluar.

Selain itu, mengonsumsi makanan terlalu banyak dan aktivitas fisik yang terlalu sedikit juga dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

  1. Genetik

Bagaimana cara tubuh menyimpan lemak juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Gen yang mengatur kortisol dan leptin, yang mengatur asupan kalori dan berat badan, dapat bertanggung jawab terhadap penyimpanan lemak dalam tubuh.

  1. Kurang gerak

Jika Anda ingin mempunyai berat badan yang normal, jumlah kalori yang masuk harus sama dengan kalori yang keluar. Jika kalori yang masuk lebih banyak daripada yang keluar, tentu berat badan Anda akan naik. Hal tersebut bisa terjadi ketika Anda kurang aktif bergerak.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa ketika Anda menonton TV lebih dari tiga jam per hari, maka resiko memiliki obesitas pada perut lebih besar (hampir dua kali) dibandingkan jika Anda menonton TV kurang dari satu jam per hari.

  1. Stres

Untuk membantu tubuh dalam mengatasi stres, tubuh akan melepaskan hormon stres seperti hormon kortisol. Namun ternyata, hormon kortisol dapat menyebabkan kenaikan berat badan saat diproduksi berlebihan dalam tubuh.

Saat Anda makan berlebihan untuk mengatasi stres, kelebihan kalori ini lebih banyak disimpan di daerah sekitar perut dan hal ini tak lepas dari peran kortisol.

  1. Kurang tidur

Kurang tidur bisa berisiko lebih untuk mengalami kenaikan berat badan berlebih, sehingga Anda lebih mungkin mempunyai banyak lemak perut.

Selain kurang tidur, gangguan tidur seperti sleep apnea juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini disebabkan karena saat Anda kurang tidur, Anda akan lebih mungkin untuk makan makanan yang tidak sehat.

  1. Kebiasaan makan buruk

Banyak mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak terutama lemak trans juga dapat menyebabkan penumpukan lemak perut.

Tak hanya itu, asupan protein dan serat harian yang rendah juga bisa menyebabkan penumpukan lemak dan kenaikan berat badan. Hal ini karena asupan protein dan serat yang cukup dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan dan melancarkan pencernaan. (FMZ/PM)

Comments
Loading...