Penyebab Penis Kram Setelah Berhubungan Seks

Dokter Valinda Riggins Nwadike

Fenomagz – Kram setelah berhubungan seks memang tidak biasa pada pria. Namun, bisa saja terjadi pada beberapa pria.

Ada berbagai alasan penyebab kram, misal ketegangan otot ringan hingga kondisi yang mungkin memerlukan perawatan. Dokter Valinda Riggins Nwadike dari Medical News Today menuliskan, penyebab khusus kram pada pria.

Penyebab khusus kram pria yakni prostatitis–penyakit pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada daerah prostat. Hal ini tergantung pada penyebabnya, Prostatitis dapat timbul secara tiba-tiba maupun perlahan-lahan.

Prostat adalah kelenjar kecil seukuran kenari di bagian panggul bawah. Ini menambah cairan mani untuk ejakulasi saat berhubungan seks.

Jika prostat meradang, baik secara tiba-tiba atau bertahap, maka dapat menyebabkan nyeri panggul selama dan setelah berhubungan seks.

Baik pria maupun wanita dapat mengalami kram setelah berhubungan seks. Istilah medis untuk rasa nyeri kram sebelum, selama atau setelah berhubungan seks adalah dispareunia.

Penyebab kram pada kedua jenis kelamin

Valinda menambahkan, ada banyak penyebab kram setelah berhubungan seks baik pada pria maupun wanita.

Ketegangan otot

Mirip saat berolahraga, pengencangan otot-otot panggul dan perut saat berhubungan seks terkadang dapat menyebabkan kram. Otot-otot yang kencang, dehidrasi atau menggerakkan otot dalam posisi yang canggung dapat menyebabkan kram.

Kram ini biasanya hilang setelah beberapa detik hingga beberapa menit.

Orgasme

Orgasme juga dapat menyebabkan kram. Orgasme melibatkan kontraksi otot-otot di panggul dan dasar panggul. Jika otot-otot tersebut terus berkontraksi dengan intens, maka dapat menyebabkan kram sementara setelah berhubungan seks.

Masalah kandung kemih

Masalah kandung kemih dapat menyebabkan rasa nyeri setelah berhubungan seks. Kandung kemih berada tepat di depan uterus. Saat penetrasi terjadi, terkadang dapat mengiritasi area tersebut.

Comments
Loading...