Fenomagz
Unleash the Wild Side

Kulit Telapak Kaki Anda Pecah-Pecah? Mungkin Ini Penyebabnya (1)

0

Selain tidak nyaman, kulit telapak kaki yang pecah-pecah bisa mengurangi ras percaya diri seseorang

Kulit Telapak Kaki Anda Pecah-Pecah? Mungkin Ini Penyebabnya (1)

FENOMAGZ – Coba deh tengok kulit telapak kaki Fenomen. Apakah pecah-pecah atau kering? Jika iya, pastinya kulit telapak kaki yang kering bahkan pecah-pecah sangatlah tidak nyaman. Selain membuat tidak nyaman, kulit telapak kaki yang kering juga bisa membuat rasa percaya diri Anda berkurang.

Belum lagi jika kulit telapak kaki Anda terkelupas hingga dalam, pastinya Anda akan semakin sulit untuk berjalan, bukan?namun sebenarnya, apa sih penyebab kulit telapak kaki bisa kering dan pecah-pecah? Ini dia penjelasannya.

  1. Infeksi jamur

Menurut seorang pakar kesehatan kaki, salah satu alasan umum kenapa kulit kaki bisa menjadi  kering dan mengelupas adalah karena infeksi jamur.

Banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut karena kebanyakan dari mereka tidak mengalami keluhan seperti infeksi jamur lainnya, seperti rasa gatal. Padahal ciri lain dari infeksi jamur juga bisa berupa kulit yang mongering dan mengelupas secara ekstrem.

Infeksi jamur bisa terjadi akibat penularan dari kuku, atau sebaliknya. Jika Anda curiga mengalami kondisi seperti ini, segeralah periksakan diri ke dokter.

  1. Banyak berkeringat

Apakah belakangan ini Anda sering melakukan aktivitas fisik yang memicu banyak produksi keringat di kaki? Jika ya, bisa jadi hal itu akan jadi pemicu kulit telapak kaki Anda menjadi kering dan mengelupas.

Beberapa aktivitas berat, terutama yang dilakukan dengan telanjang kaki bisa jadi pemicu munculnya keringat berlebih pada kaki. Dalam situasi lembap seperti ini, kaki akan berisiko mengalami infeksi bakteri atau jamur, yang akan berujung pada pengelupasan ekstrem.

Baca juga:   Makan Pisang Bisa Mengencangkan Otot Lho
  1. Sepatu yang salah

Jika tidak mau kaki Anda menjadi kering dan mengelupas, sebaiknya perhatikanlah pemilihan jenis sepatu Anda. Pasalnya, beberapa gesekan pada tumit seringkali memicu lepuh, serta berujung pada kulit kering, pecah-pecah dan mengelup18

Oleh karena itu, hindarilah memakai sepatu terlalu lama, terutama ketika Anda sedang banyak berkeringat. Pilihlah jenis sepatu yang nyaman, dengan bahan yang menyerap keringat. Jangan lupa juga untuk memilih sepatu dengan ukuran yang sesuai dengan kaki Anda.

  1. Jarang pakai pelembap

Tidak semua orang rutin menggunakan pelembap atau krim tabir surya saat bepergian ke tempat yang banyak sinar mataharinya, seperti pantai. Padahal kebiasaan menggunakan krim tabir surya atau pelembap sangatlah penting untuk mencegah kulit kaki menjadi kering dan mengelupas, terutama akibat paparan sinar matahari yang ekstrem.

Paparan sinar matahari yang terlalu banyak akan memicu kulit kaki menjadi terkelupas dan kering, bahkan bisa membuat kulit kaki Anda jadi memerah. (fmz/pm)

Comments
Loading...