Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini dia Penyebabnya Berat Badan Anda Naik Saat Puasa

Makanan yang mengandung karbohidrat serta kadar gula dan garam tinggi kerap menjadi pilihan pertama saat berbuka puasa

0

 

FENOMAGZ – Perubahan gaya hidup selama puasa, entah itu pola makan dan aktivitas fisik sehari-hari akan berdampak pada perubahan fisiologis tubuh juga.

Berikut ini dia penyebab berat badan naik saat puasa yang umum terjadi dan harus anda waspada.

Kalap makan saat berbuka

Setelah se harian berpuasa, biasanya seseorang tidak dapat menahan godaan untuk melahap segala makanan yang ada di hadapan setelah waktu buka tiba. Makanan yang mengandung karbohidrat serta kadar gula dan garam tinggi kerap menjadi pilihan pertama saat berbuka puasa. Jadi wajar saja jika berpuasa berat badan anda bertambah.

Porsi makan lebih banyak

Sebagian orang yang memang terbiasa makan dengan porsi besar, selera makan dan minum pada saat berbuka hingga sahur justru malah semakin meningkat. Nah hal inilah yang membuat orang rentan mengalami kenaikan berat badan saat puasa. Prinsipnya, orang menjadi gemuk karena makanan yang di konsumsi lebih banyak daripada makanan yang diolah menjadi tenaga.

Penurunan aktivitas fisik

Tidak di pungkiri jika saat puasa tubuh jadi mudah lemas saat melakukan aktivitas. Nah tidak heran, kita jadi malas untuk sekedar melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Belum lagi, hawa ngantuk yang sering melanda jadi membuat waktu tidur juga bertambah di siang hari. Padahal tanpa aktivitas fisik, tubuh juga bertambah di siang hari.

Kurang tidur

Berbagai penelitian menyatakan bahwa orang yang kurang tidur cenderung mengalami kelebihan berat badan dibandingkan dengan orang yang tidurnya cukup. Ketika seseorang mengalami gangguan tidur, hal ini berpengaruh terhadap hormon yang mengatur metabolisme tubuh dan kontrol nafsu makan, yaitu hormon leptin. (fmz/pz)

Baca juga:   Penyebab Kurangnya Tidur Dimalam Hari Ternyata Bikin Anda Cemas
Comments
Loading...