Fenomagz
Unleash the Wild Side

Pria Metroseksual, Berekspresi dengan Gaya Hidup

0

Secara etimologi metroseksual berasal dari kata metropolitan dengan penambahan kata seksual

 

FENOMAGZ – Apa yang ada di benak anda ketika mendengar kata “pria metroseksual” ? Apakah ada membayangkan pria “ngondek” dengan pembawaan diri yang lemah gemulai? Atau mungkin anda membayangkan pria yang “tidak pada tempatnya”?

Tahukah anda? Secara etimologi metroseksual berasal dari kata metropolitan dengan penambahan kata seksual. Metropolitan diambil dari rangkai kata “meter” dan “politan” dalam bahasa Yunani yang mengandung arti Ibu Kota. Sedangkan Seksual berasal dalam bahasa latin Sexus yang mengandung arti jenis kelamin atau jender.

Fenomena ini dicurigai oleh beberapa ahli muncul dari konteks media populer seperti majalah-majalah yang membidik pria dengan kelas sosial menengah atas sebagai pangsa pasarnya (contoh : Sex and The City, dan Queer Eye for The Straight Guy), media -media seperti itulah yang membuat tanda- tanda munculnya kehadiran kaum metroseksual dengan memberikan gambaran mengenai penampilan dan gaya hidup yang ideal pada zaman sekarang.

Di kalangan masyarakat modern pria metroseksual adalah  orang- orang yang dianggap memiliki uang atau harta yang berlebih sehingga mereka menghamburkan uangnya untuk memuaskan diri dengan berbelanja. Kadang juga pria metroseksual seringkali kita sebut pria “rempong” atau pria yang “ribet” karena mereka seringkali “berdandan”.

Kita dapat melihat di kota- kota besar di Indonesia sekarang ini di mall- mall seringkali pria berdandan dan menggunakan pakaian- pakaian yang modis hingga terkadang sulit membedakan mana pria dan mana wanita.

Baca juga:   Tips Agar Menjadi Pria Tampan Dihadapan Wanita

Pria metroseksual pada dasarnya adalah pria yang memiliki anggapan bahwa berdandan adalah sebuah kebutuhan atau sebuah gaya hidup. Kenapa?

Sesuai dengan teori post modern, manusia menciptakan citranya masing- masing untuk menunjukkan eksistensi diri. Begitu juga dengan kaum metroseksual ini, mereka ingin memperlihatkan hal yang berbeda dan membentuk ciri khas mereka. Pria yang bersolek saat ini tidak dapat dikatakan bahwa ia necis atau melambai, tetapi pria tersebut bisa saja ingin membentuk citra bahwa ia pria yang rapih dan bisa merawat diri. Dengan menggunakan pakaian modis, mengikuti tren masa kini, kaum metroseksual membuat kesan atau citra bahwa diri mereka adalah kaum yang kekinian, kaum yang terpandang dan juga kau yang istimewa dalam penampilan dan pergaulannya.

Setelah terbentuknya citra tentang kaum metroseksual ini maka mulai munculah produk- produk yang diciptakan khusus untuk pria. Kaum metroseksual adalah kaum yang sangat mudah dijangkau oleh pasar karena kaum ini seringkali berbelanja karena pandangan mengenai pria ideal yang sudah terbentuk di masyarakat.
ronaldoFenomena pria metroseksual tidak lepas dari media massa. Pada masa kini, media massa adalah hal yang penting untuk membantu seseorang bersosialisasi dan bereksplorasi mengenai hal yang ia suka. Hal ini juga mempengaruhi kaum metroseksual untuk menentukan “nilai ideal” yang ingin dicapainya itu yang seperti apa. Contohnya : pria yang menjadi penggemar Christiano Ronaldo, ketika ia melihat idolanya menggunakan produk yang bagus, ia akan mencoba mengikuti gaya dari idolanya tersebut

Ya, dengan majunya perkembangan zaman  tren pria metroseksual pun semakin berkembang hingga menjadi sebuah gaya hidup yang harus diikuti seorang pria. Gaya hidup kaum metroseksual adalah gaya hidup yang bebas tidak memiliki standar yang kaku dan itu -itu saja. Kaum metroseksual merupakan wadah bagi para kaum adam untuk berekspresi, menampilkan image dan citra atau eksistensi dirinya kepada khalayak ramai. Meskipun berdampak pada semakin maraknya budaya konsumerisme di masyarakat, tetapi kaum metroseksual ini adalah bukti, bahwa manusia pada era post modern adalah manusia yang bisa membangun citra diri dan juga bisa mengeksplorasi gaya hidup yang sesuai dengan keinginan mereka.(FMZ/PZ)

Baca juga:   Fakta Air Liur yang Harus Fenomen Ketahui
Comments
Loading...