Rontok Rambut Ungkap Risiko 5 Penyakit Ini

Berikut ini 5 risiko penyakit yang membuat rambut rontok

FENOMAGZ – Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang menjadi perhatian utama sebagian besar orang. Dalam dunia perawatan rambut, masalah kerontokan dan pertumbuhan rambut telah menjadi persoalan yang umum terjadi pada banyak orang.

Lalu, bagaimana jika pertumbuhan dan kerontokan rambut terjadi secara tidak wajar pada seseorang? Misalkan, jika rambut secara mendadak tumbuh lebat pada area yang tidak diinginkan, misalkan pada area dada, pusar dan bahkan pada puting payudara.

Baca juga: 6 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga

kerontokan dan pertumbuhan rambut yang tidak umum terjadi ini ternyata menjadi sinyal yang dikirim tubuh untuk menginformasikan kondisi kesehatan tertentu. Berikut ini merupakan lima hal yang dikatakan oleh rontok dan tumbuhnya rambut mengenai kesehatan kamu.

Berikut ini 5 risiko penyakit yang membuat rambut rontok:

Gangguan pada sistem kekebalan tubuh

Meskipun jarang terjadi, tetapi sistem kekebalan tubuh dapat mengaktifkan folikel rambut. Hasilnya, kamu bisa kehilangan rambut dengan pola yang tidak menentu, seperti pola yang melingkar, kerontokan rambut pada sebagian besar kulit kepala.

Ketidakseimbangan hormon

Peningkatan mendadak atau bahkan sebaliknya kerontokan rambut secara mendadak seringkali disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon testosteron. Kondisi ini seringkali terjadi pada wanita. Ketika adanya peningkatan hormon testosteron dalam tubuh wanita maka rambut akan tumbuh secara berlebihan.

Gangguan pada ovarium

Jika kamu atau pasangan Anda mengalami hirsutisme atau pertumbuhan pola rambut yang tidak diinginkan, dan disertai dengan pola menstruasi yang tidak teratur, ada kemungkinan kamu atau dia mengalami masalah sistemik. Penyebab paling umum dari gejala ini adalah sindrom ovarium polikistik.

Kekerungan zat besi dan tiroid yang tidak aktif

Semua orang memiliki siklus rambutnya sendiri, termasuk rambut rontok. Tetapi jika rambut rontok terjadi pada rambut kepala dan juga pada rambut pada tubuh secara bersamaan, ini bisa menunjukkan bahwa kamu kekurangan zat besi atau karena tiroid kamu tidak bekerja secara aktif.

Warisan genetik

Hal pertama yang bisa dikatakan mengenai rambut yang tumbuh di seluruh tubuh adalah bagian dari warisan genetik. Mulai dari rambut kepala,rambut yang menutupi badan atau yang disebut juga dengan vellus. Tebal-tipisnya rambut, tingkat kekasaran, pigmen serta diameter rambut adalah sesuatu yang kamu dapatkan karena faktor genetik. (fmz/bb)

Comments
Loading...