Seberapa Efektifkah Kondom Dalam Mencegah Kehamilan

berikut ini penjelasan seberapa efektifnya kondom dalam mencegah kehamilan

FENOMAGZ – Kondom Merupakan alat kontrasepsi yang bisa di bilang modern dan yang tertua dalam sejarah. Sebuah catatan sejarah melaporkan bahwa kondom tertua yang pernah di temukan berasal dari tahun 1642, namun untuk penggunaanya itu sendiri sudah dimulai sejak 12000 tahun lalu.

Baca juga: 5 Pilihan Minyak Yang Bisa Digunakan Untuk Gangguan Impotensi

advertisement

Cara pakai kondom cukup sederhana dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Kondom juga banyak tersedia dan mudah dicari di pasaran. Jika digunakan dengan benar saat melakukan hubungan seksual, efektivitas kondom mencapai 98 persen. Selain mencegah kehamilan, kondom juga melindungi Anda dari penyakit kelamin yang menular.

Efektif tidaknya kondom untuk mencegah kehamilan ditentukan dari ukuran yang pas dan cara pemakaiannya (dan pelepasannya) yang benar. Ukuran yang terlalu besar berisiko longgar dan terlepas, terlalu sempit berisiko mudah sobek. Memakainya terlambat di tengah-tengah sesi bercinta dapat meningkatkan risiko hamil di luar rencana, terlalu cepat juga tidak akan efektif.

Banyak pula kesimpangsiuran tentang cara pakai kondom yang sebenarnya keliru, seperti memakai kondom dobel atau kondom dipakai untuk dua kali penetrasi, yang dapat meningkatkan risiko kehamilan dan penularan penyakit. (fmz/bb)

advertisement

Comments
Loading...