advertisement

Seberapa Efektifkah Suntik Hormon Untuk Mencegah Kehamilan?

Berikut ini penjelasan seberapa efektifkah suntik hormon untuk mencegah kehamilan

Judi

judi

judi

FENOMAGZ – Suntik KB untuk pria tergolong sebagai kontrasepsi modern yang baru digarap dalam beberapa tahun belakangan ini. Suntik KB pria ini berisi hormon testosteron sintetis dan progestin (hormon wanita sintetis), untuk disuntikkan setiap 8 minggu sekali. Tujuan dari suntik KB pria adalah untuk menurunkan kadar testosteron alami dalam tubuh pria untuk menekan proses pematangan sperma-sperma muda.

Baca juga: 4 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma

Terapi hormon adalah terapi yang dinilai cukup aman dan efektif untuk dilakukan, karena bersifat sementara atau bisa kembali ke keadaan semula, karena tidak menyebabkan kemandulan permanen seperti pada vasektomi. Metode kontrasepsi ini akan menjadi jalan keluar bagi pasangan di mana pihak perempuannya tidak bisa melakukan kontrasepsi sendiri karena alasan kesehatan tertentu.

Sampai sejauh ini, suntik KB untuk pria masih bersifat eksperimental terbatas. Maka biaya untuk mendapatkannya pun cukup mahal. Selain itu, layaknya pil KB wanita, suntik KB pria juga harus tepat waktu agar efektivitas kontrasepsi tetap terjaga. Beberapa penelitian menyebutkan cara hormonal ini juga dapat memengaruhi nafsu seks pria.

Metode kontrasepsi dengan hormon tidak bisa melindungi dari penularan penyakit seksual. (fmz/bb)

Comments
Loading...