advertisement

Selain Enak dan Menyehatkan Teh Juga Menyimpan Beberapa Manfaat

Berikut ini manfaat yang terkandung pada teh

judi

FENOMAGZ – Makanan dan minuman yang menyehatkan biasanya tidak dikemas dengan rasa yang enak dan lezat, seperti halnya obat tidak ada yang manis bukan? Banyak minuman atau ramuan yang dijadikan obat untuk mengatasi suatu penyakit rasanya sangat pahit, dan kita harus berjuang meminumnya. Tetapi kali ini kita akan lihat bagaimana minuman yang enak dapat menyehatkan tubuh.

Baca juga: 7 Jenis Makanan Yang Mampu Membersihkan Lidah Anda

Teh merupakan minuman yang hampir selalu ada di setiap rumah, rasanya segar jika dinikmati dalam keadaan dingin atau hangat baik pagi, sore atau malam hari. Selain segar dan nikmat, teh mempunyai banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh mereka yang menikmatinya. Reader’s Digest Asia memberikan gambaran bagaimana teh dapat berfungsi ganda dalam kehidupan Anda baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk benda-benda di sekitar Anda.

Berikut ini manfaat yang terkandung pada teh:

Teh dapat menyembuhkan kulit yang terbakar

Saat Anda lupa mengenakan sunscreen saat berpergian sehingga kulit Anda menjadi terbakar oleh sinar matahari, terkena teko atau setrika yang panas, sedangkan obat-obatan untuk luka bakar tidak Anda miliki, jangan panik. Teh celup yang dibasahi lalu ditempelkan pada kulit yang terbakar dapat meredakan rasa sakit dan menyembuhkan luka tersebut. Jika luka yang ditimbulkan terlalu luas, Anda bisa memilih tempat untuk merendam luka tersebut ke dalam air teh.

Meringkan mata lelah

Mata lelah, gatal dan bengkak banyak penyebabnya tetapi satu penanganannya. Letakkan 2 buah teh celup ke dalam air hangat lalu letakkan teh celup tersebut pada mata dengan kondisi tertutup. Bengkak pada mata Anda akan berkurang dan rasa lelah pada mata akan reda.

Mengobati luka cukur

Luka bekas cukur juga bisa diatasi dengan teh celup yang sudah dibasahi, lalu ditempelkan pada area yang terluka. Luka cukur perlahan-lahan pasti sembuh.

Mengatasi rambut pirang

Rambut kita bisa jadi berubah warna karena tersengat sinar matahari, warnanya menjadi buram atau kemerahan. Jangan membayangkan biaya yang mahal jika hal itu Anda atasi di salon. Anda bisa mengatasinya sendiri, caranya: celup 3 kantong teh pada secangkir air panas, tambahkan 1 sendok teh rosemary dan sage, lalu direndam sepanjang malam. Pagi harinya, setelah Anda keramas, siramkan campuran tersebut ke seluruh rambut Anda lalu dikeringkan dengan handuk tanpa dibilas. Pemakaian yang teratur akan menghasilkan rambut yang hitam dan bersinar.

Sebagai conditioner

Rambut kering kadang mengganggu penampilan, tetapi teh dapat membantu Anda mengatasinya. Caranya setelah Anda keramas, bilaslah dengan air teh, bisa air teh rebusan direbus atau mentah, teh dapat mengembalikan kelembaban rambut Anda.

Meredakan nyeri setelah suntik

Anak Anda rewel setelah suntik? Bisa jadi bekas suntikan tersebut menimbulkan rasa nyeri, Anda bisa membantu meredakan sakitnya dengan cara menempelkan teh celup yang telah dibasahi pada luka bekas suntikan tersebut.

Sebagai mouthwash

Untuk masalah gigi dan rongga mulut, Anda bisa memakai secangkir teh peppermint panas dan garam. Teh peppermint berfungsi sebagai antiseptik dan menjangkau setiap luka di rongga mulut sehingga sakit gigi Anda sembuh, nafaspun segar. (fmz/bb)

Comments
Loading...