advertisement

Sering Cuci Muka, Mengusir Atau Justru Bikin Jerawatan? Berikut Faktanya!

berikut penjelasan fakta mengenai mencuci muka

judi

FENOMAGZ – Salah satu kunci untuk memiliki kulit yang bebas dari jerawat adalah dengan menjaga kebersihan muka. Karena itu selama ini Anda mungkin menjaga kebersihan dengan sering-sering cuci muka, namun, apa benar sering cuci muka bisa mengusir jerawat?

Jerawat adalah hasil produksi kelenjar minyak yang berlebih dan menyumbat pori-pori. Jerawat merupakan kondisi peradangan yang kronis, dan bisa diakibat oleh berbagai macam faktor. Mulai dari faktor psikologis, hormon tidak seimbang, penggunaan obat-obatan atau produk kecantikan, kebersihan, sampai faktor keturunan.

Baca juga: 5 Penyebab Mengapa Vagina Pasangan Anda Kering

Mencuci muka memang memiliki peranan penting dalam mencegah munculnya jerawat. Namun, mencuci kulit wajah maupun badan cukup dilakukan dua kali sehari. Mengapa? Pembersih wajah seperti sabun berguna untuk menghilangkan minyak-minyak.

Memang jerawat disebabkan oleh produksi minyak berlebih. Namun, kulit wajah sebenarnya tetap membutuhkan minyak untuk menjaga kulit agar tetap lembab. Mencuci muka berkali-kali dengan sabun justru menyebabkan kulit menjadi kering dan dapat memicu timbulnya jerawat.

Selain itu mencuci muka berkali-kali dengan sabun juga dapat menyebabkan acne detergicans, yaitu kondisi di mana jerawat timbul akibat reaksi terhadap zat yang terkandung dalam sabun atau pembersih.

Bahan kimia yang ada di cairan pembersih wajah juga bisa membunuh bakteri-bakteri baik yang secara alamiah melindungi kulit wajah dari bakteri jahat. Ini karena cairan pembersih atau sabun muka tertentu tidak bisa membedakan mana bakteri baik dan bakteri jahat.

Karena itu, keliru kalau Anda selama ini terlalu sering cuci muka untuk membersihkan jerawat. Bila sedang ada jerawat, cuci muka Anda dua kali sehari seperti biasa. (fmz/bb)

Comments
Loading...