Fenomagz
Unleash the Wild Side

Sering Mengantuk Saat Bekerja? Mungkin Ini Penyebabnya

Mengantuk saat bekerja tentunya akan menghambat pekerjaan Fenomen

penyebab mengantuk saat bekerja

FENOMAGZ – Fenomen sering merasa letih dan mengantuk saat bekerja di kantor? Mengantuk saat bekerja tentunya akan menghambat pekerjaan Anda. Para ahli mengungkapkan ada beberapa kebiasaan umum yang bisa membuat Fenomen merasa letih dan mengantuk di tempat kerja.

Tidak cukup minum air

Tubuh menjadi sedikit dehidrasi ketika Fenomen tidak cukup minum air. Dehidrasi dapat menyebabkan penurunan volume darah sehingga darah menjadi lebih kental.

Kerja jantung juga kurang efisien dan kecepatan mengalirkan oksigen  dan nutrisi ke otot dan organ jadi berkurang. Maka, penting bagi Fenomen untuk minum air secukupnya sesuai dengan takaran normal pada tubuh.

Kurang Minum Air Putih Dapat Berakibat Buruk Bagi Tubuh

Tidak berolahraga sebelum bekerja

Sebuah studi dari University of Georgia mengungkapkan bahwa orang dewasa yang rutin berolahraga ringan tiga hari seminggu sedikitnya 20 menit akan lebih jarang merasakan lelah dan justru lebih segar. Efek ini akan mulai terasa setelah enam minggu.

Latihan kekuatan dan daya tahan akan membantu sistem kardiovaskular berjalan lebih efisien dan memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh.

Akan lebih baik jika Fenomen tidak melewatkan olahraga sebelum bekerja, misalnya 25 kali push-up dan 30 kali jongkok.

Tidak sarapan pagi

Makanan ibarat bahan bakar bagi tubuh. Ketika tidur, tubuh Anda terus menggunakan apa yang dikonsumsi saat makan malam sebelumnya untuk tetap memompa darah dan mengalirkan oksigen.

Baca juga:   Alasan Terpenting Untuk Latihan Dada

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk sarapan pagi untuk mengisi bahan bakar tubuh. Jika tidak sarapan, tubuh Anda akan merasa lesu. Ada baiknya Fenomen mengonsumsi biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat saat sarapan. Selain itu, bisa juga mengonsumsi oatmeal dengan susu atau smoothie yang dibuat dengan buah dan yoghurt.

Bahaya Jika Kamu Melewatkan Sarapan di Pagi Hari

Tidak mengonsumsi cukup zat besi

Kekurangan zat besi dapat membuat tubuh Fenomen merasa lesu dan tidak dapat fokus di tempat kerja. Tubuh akan merasa lelah karena kekurangan oksigen menuju otot dan sel-sel.

Sebaiknya, tingkatkan asupan zat besi untuk mengurangi risiko anemia, seperti makan daging sapi tanpa lemak, kacang merah, tahu, telur (termasuk kuning telur), atau sayuran berdaun hijau.

Anda seorang perfeksionis

Irene S Levine, profesor psikiatri di New York University School of Medicine, mengatakan bahwa berjuang untuk menjadi sempurna dapat membuat Anda bekerja lebih keras dan lebih lama dari yang diperlukan. Tujuan yang begitu relistis akan membuat Anda sulit atau tidak mungkin untuk mencapainya. Pada akhirnya, tidak ada rasa kepuasan diri dalam diri Anda.

Ada baiknya Fenomen menetapkan batas waktu bagi diri sendiri terhadap proyek-proyek pekerjaan yang dikerjakan. Dengan begitu, Anda akan menyadari bahwa waktu ekstra yang diambil tidak benar-benar meningkatkan pekerjaan Anda.

Meja kerja berantakan

Menurut sebuah studi di Princeton University, meja kerja yang berantakan dapat membatasi kemampuan Anda untuk fokus dan membatasi kemampuan otak untuk memproses informasi.

Ada baiknya Anda merapikan meja dan pekerjaan-pekerjaan pribadi setelah selesai bekerja, sebelum pulang. (fmz/pm)

Comments
Loading...