Setelah Kemoterapi, Kapan Rambut Bisa Tumbuh Lagi Seperti Dulu

Berikut ini adalah perkiraaan waktu pertumbuhan rambut setelah kemoterapi

FENOMAGZ – Banyak yang takut dan cemas dengan rambutnya yang rontok akan kah kembali seperti semula jika kemoterapi yang mereka jalani sudah selesai. Hal ini banyak terjadi pada kaum wanita yang menjalani kemoterapi, karena ia takut rambutnya tidak akan tumbuh dan bagus lagi seperti dulu.

Baca juga: Adakah Cara Untuk Mengetahui Tanda Dan Gejala Dari Orgasme

Obat kemoterapi merusak sel-sel yang sedang tumbuh di dalam tubuh, termasuk sel normal yang sedang berkembang saat itu. Maka dari itu, sel-sel rambut juga rusak, hingga rontok. Berapa banyaknya rambut yang rontok memang tergantung dengan jenis dan dosis obat kemoterapi yang diberikan. Semakin tinggi dosis obat yang diterima seorang pasien, maka semakin banyak rambut yang akan rontok bahkan membuat mereka botak.

Namun, jangan khawatir, meskipun setelah kemoterapi Anda akan memiliki kepala botak, tentu hal ini tidak akan berlangsung lama. Rambut Anda akan kembali tumbuh dalam waktu yang cepat, apalagi jika Anda telah benar-benar selesai pengobatan sehingga pertumbuhan rambut tidak akan terganggu.

Memang kecepatan tumbuhnya rambut tergantung dengan kondisi masing-masing, tapi biasanya rambut akan mulai tumbuh setelah satu bulan kemoterapi. Berikut ini adalah perkiraaan waktu pertumbuhan rambut setelah kemoterapi:

  • 2-3 minggu setelah pengobatan: akar-akar rambut mulai tumbuh, seperti terlihat titik-titik hitam di kepal
  • 1-2 bulan setelah pengobatan: rambut sudah mulai tumbuh dan cukup tebal
  • 2-3 bulan setelah pengobatan: rambut semakin panjang, setidaknya sudah ada 2-3 cm rambut yang tumbuh
  • 6 bulan setelah pengobatan: rambut sudah panjang dan tumbuh dengan normal

Untuk mengembalikan gaya rambut Anda seperti sebelum pengobatan, maka Anda membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. (fmz/bb)

Comments
Loading...