advertisement

Ini Tanda Bahwa Anda Kebanyakan Minum Kopi

judi

Tak sedikit orang yang mengandalkan kopi sebagai minuman pengusir kantuk

Ini Tanda Bahwa Anda Kebanyakan Minum Kopi

FENOMAGZ – Kopi dikenal sebagai minuman yang bisa membuat seseorang lebih ‘melek’. Tak sedikit orang yang mengandalkan kopi sebagai minuman pengusir kantuk. Bahkan beberapa orang memang menjadikan kopi sebagai minuman favoritnya.

Namun, jika Anda terlalu banyak minum kopi, tubuh pun akan menunjukkan tanda-tandanya. Apa saja tanda-tanda Anda sudah kebanyakan minum kopi? Yuk simak berikut ini.

  1. Gelisah, suasana hati tak menentu

Tahukah Fenomen bahwa terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa membuat perasaan jadi gelisah? Selain berpengaruh pada sistem saraf pusat stimulan, kopi juga mem-blok reseptor adenosin. Akibatnya, kadar adrenalin, dopamin, dan glutamat akan melonjak hingga menyebabkan Anda berada pada kondisi flight or fight.

Selain itu, menurut seorang professor neurobiologi, aktivasi sistem saraf simpatik bisa menimbulkan kecemasan, kegelisahan, peningkatan denyut jantung, mudah marah, bahkan hingga ledakan emosi.

  1. Merasa tidak bertenaga

Agar bisa bertenaga dan terbebas dari rasa kantuk yang menyerang, banyak orang yang memilih dan mengandalkan kafein pada kopi. Padahal menurut sebuah studi, kafein bisa mengganggu produktivitas yang akan berakibat para pekerja jadi merasa lemas, tak bersemangat, juga tak bertenaga.

Jika setelah minum kopi tubuh Anda merasa lebih bertenaga dan berenergi, tenaga tersebut sebenarnya hanyalah energi palsu. Untuk itu, agar tubuh lebih berenergi, konsumsilah makanan dengan gizi seimbang, karena itulah bahan bakar tubuh yang sebenarnya.

  1. Lebih sering buang air kecil

Perlu Anda ketahui bahwa kandungan kafein bisa membuat kopi bersifat diuretik. Meskipun belum ada penelitian yang menyebutkan mengapa kopi bisa memicu dehidrasi, setidaknya ketika Anda minum kopi tapi tidak minum cukup air, status hidrasi pun tak baik.

Jika Anda ingin minum kopi, ada baiknya Anda mengimbangi dengan camilan sehat. Sebab, makanan bisa memperlambat pergerakan cairan ke perut dan sistem pencernaan, hingga akhirnya ke kandung kemih,” kata Braddock.

  1. Mata kedutan

Mata Anda tersa  berkedut? Jika ya, bisa jadi itu salah satu penyebab Anda kebanyakan minum kopi. Mengonsumsi kafein secara berlebih masuk dalam 3 besar penyebab mata kedutan.

Selain itu, kafein juga bisa memicu pelepasan serotonin dan noradrenalin, neurotransmitter yang meningkatkan reaktivitas otot dan saraf. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengurangi asupan kopi dan perbanyak minum air putih.

  1. Perut sering mulas

Menurut sebuah survei, kopi punya efek pencahar pada sekitar 30 persen orang. Meski belum diketahui apa penyebab pastinya, diduga asam baik pada kopi dan stimulasinya pada usus bisa memicu keinginan buang air besar.

Jika Anda hendak minum kopi, sebaiknya pilihlah kopi dengan kandungan asam dan kafein yang relatif lebih rendah.

  1. Jadwal tidur tidak teratur

Tahukah Fenomen bahawa bahkan minum kopi 6 jam sebelum tidur, bisa menyabotase jam tidur Anda? Tak hanya itu, kopi juga bisa mengganggu ritme sirkadian tubuh sehingga tubuh akan terasa tak bertenaga saat bangun pagi.

Tidur amat penting terutama untuk aspek kognitif. Untuk antisipasi terganggunya jam tidur, jangan minum kopi setelah jam 4 sore. (fmz/pm)

Comments
Loading...