Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ternyata Ada Orang yang Alergi Olahraga, Berikut Ciri-Cirinya

berikut ini penjelasan tentang alergi olahraga

0

FENOMAGZ – Memang ada beberapa orang yang tidak suka olahraga karena malas. Padahal, secara fisik mereka masih mampu bergerak aktif demi kesehatannya. Sementara itu, ada orang yang sebenarnya ingin berolahraga tapi tidak mampu karena ia punya alergi olahraga. Wah, apa itu alergi olahraga dan kenapa bisa terjadi pada manusia?

Baca juga: Di Usia Ini, Pasangan Anda Akan Lebih Mudah Mendapat Orgasme Yang Dahsyat

Alergi olahraga secara medis disebut dengan Exercise-induced Anaphylaxis disingkat EIA. Kondisi ini adalah salah satu jenis alergi yang sangat jarang terjadi. Reaksi alergi anafilaktik tergolong ekstrem dan serius, bahkan bisa mengancam nyawa.

Pada prinsipnya, ketika seseorang mengalami elergi, gejalanya akan muncul pada satu titik lokasi di tubuh. Namun, pada kasus alergi anafilaktik, gejala alergi tersebut akan muncul dibeberapa lokasi ditubuh secara bersamaan.

Kasus EIA bukanlah kasus baru di sunia kesehatan dan olahraga, melainkan sudah tercatat sejak lebih dari 30 tahun lalu. Ada beberapa aktivitas fisik yang pernah diteliti memiliki hubungan dengan EIA, yakni jogging, jalan cepat, bersepeda, ski, sepak bola dan aktivitas aerobik lainnya.

Serangan alergi ini tidak terjadi pada jenis dan intensitas aktivitas fisik yang sama. Ada faktor lingkungan yang mempengaruhi. Misalnya kelembapan udara, perubahan musim, dan perubahan hormon dalam tubuh bisa menentukan akan terjadinya serangan tersebut atau tidak.

Baca juga:   Tidak Hanya Lewat Mata Ternyata Kepribadian Bisa Dilihat dari Bentuk Bibir
Comments
Loading...